Penulis Utama : Oktaviana Araminta Putriyanti
NIM / NIP : S841802017
×

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) struktur novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani; (2) persamaan dan perbedaan kepribadian tokoh utama novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani; (3) nilai-nilai pendidikan dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani; (4) relevansi novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani dengan materi pembelajaran sastra di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Sumber data penelitian ini adalah dokumen berupa teks-teks sastra.Teknik pengumplan data dilakukan dengan mencatat dokumen secara interaktif, menggunakan teknik simak dan catat, serta studi pustaka.Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model analisis mengalir.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani memiliki persamaan dan perbedaan, baik dari aspek struktural dan kepribadian tokoh utama. Novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani mengangkat masalah kehidupan.Kehidupan seorang remaja tentang lika-liku kehidupan keluarganya dan bagaimana seorang remaja semangat untuk menggapai cita-cita melanjutkan kuliah di luar negeri dengan segala hambatan dan rintangan yang harus dilalui.Aspek struktural dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani meliputi tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Kepribadian tokoh utama yang terdapat dalam diri tokoh Gita dalam novel Rentang Kisah dan Dori dalam novel Doriyaki meliputi ego, bawah sadar pribadi, dan bawah sadar kolektif. Ketiga kepribadian tersebut terlihat dari tingkah laku tokoh dan interaksi tokoh utama dengan tokoh yang lain. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani yaitu nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, dan nilai pendidikan sosial.Nilai pendidikan agama yang terdapat dalam Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andrianitersebut meliputi bersyukur kepada Tuhan, ikhlas menerima cobaan, tawakal, mempelajari agama lebih mendalam, menutup aurat (berkerudung), bertoleransi, dan bersabar. Nilai pendidikan moral meliputi menghormati orang tua, patuh terhadap perintah orang tua, menyayangi orang tua. Nilai pendidikan sosial meliputi tolong menolong, bersosialisai dengan masyarakat, terbuka dengan orang lain. Novel Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi dan novel Doriyaki karya Andori Andriani relevan untuk digunakan dalam pembelajaran sastra di SMA karena sesuai dengan kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum 2013.

Kata kunci: novel, kepribadian tokoh, kajian banding, nilai-nilai pendidikan

 

×
Penulis Utama : Oktaviana Araminta Putriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841802017
Tahun : 2019
Judul : Novel Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi dan Novel Doriyaki (Jauh di Mata Dori di Hati) Karya Andori Andriani Serta Relevansinya dengan Materi Pembelajaran Sastra di SMA Negeri 1 Sragen (Kajian Banding dan Nilai Pendidikan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pascasarjana Prog. Pend Bahasa Indonesia-S841802017-2019
Kata Kunci : novel, kepribadian tokoh, kajian banding, nilai-nilai pendidikan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.,
2. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.