Penulis Utama : Rosaliana Intan Pitaloka
NIM / NIP : S841708028
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya: (1) Aspek kejiwaan tokoh dalam cerita Topeng Tegal; (2) Nilai pendidikan dalam cerita Topeng Tegal nilai; dan (3) Relevansi aspek kejiwaan tokoh dan nilai pendidikan dalam cerita Topeng Tegal dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Penelitian ini disajikan dalam bentuk penelitian kualitatif yang mendeskripsikan tentang aspek kejiwaan tokoh dan nilai pendidikan pada cerita Topeng Tegal serta relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Sumber data penelitian diambil dari hasil wawancara, dokumen pemerintah daerah setempat dan cerita lisan yang berkembang di masyarakat. Data yang dihimpun kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi yang divalidasi menggunakan triangulasi data, teori, metode dan peneliti.
Temuan dalam penelitian ini adalah menganalisis aspek kejiwaan dalam tokoh cerita Topeng Tegal dari sisi kepribadian secara sadar dan tidak sadar. Di dalam cerita ditemukan beberapa tokoh memiliki aspek kejiwaan yang kompleks seperti Endel dan Panji. Aspek kejiwaan tersebut berupa kesadaran fungsi jiwa, kesadaran sikap jiwa, ketidaksadaran pribadi dan ketidaksadaran kolektif. Pada analisis nilai pendidikan juga ditemukan beberapa nilai berupa nilai pendidikan agama (religi), nilai pendidikan sosial dan nilai pendidikan budaya yang melekat dalam kehidupan keenam tokoh pada cerita rakyat Topeng Tegal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya pola pikir dan perilaku sehari-hari keenam tokoh pada kehidupan di dalam cerita serta pengakuan dari masyarakat sekitar.
Penelitian ini menghasilkan pengetahuan baru tentang adanya pemahaman pada aspek kejiwaan yang dimiliki oleh setiap tokoh dan juga nilai pendidikan yang sudah diterapkan sejak zaman nenek moyang melalui tradisi turun temurun di masyarakat Tegal. Salah satunya melalui cerita rakyat Topeng Tegal khususnya pada keenam tokoh di dalam cerita Topeng Tegal diyakini dan dipercaya dapat memberikan sebuah tuntunan kehidupan bagi generasi-generasi penerus. Hal tersebut tentu diharapkan dapat bermanfaat bagi semua termasuk siswa, guru, peneliti yang lain dan pembaca untuk dapat merefleksikan kebaikan yang diperoleh dari temuan penelitian ini.

Kata kunci: psikologi sastra, nilai pendidikan, cerita rakyat, topeng tegal

×
Penulis Utama : Rosaliana Intan Pitaloka
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841708028
Tahun : 2019
Judul : Kajian Psikologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Dalam Cerita Topeng Tegal Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pascasarjana Prog. Pend Bahasa Indonesia-S841708028-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.,
2. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.