Penulis Utama : Dian Aulia Rahma Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115016
Tahun : 2015
Judul : Kategori dan ekspresi bahasa jawa yang terdapat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo (kajian etnolinguistik).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-B0115016-2015
Subyek : KATEGORI, EKSPRESI, PASAR NGUTER SUKOHARJO, ETNOLINGUISTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Kategori dan ekspresi bahasa Jawa apa sajakah yang terdapat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo? 2) Bagaimanakah makna kultural yang dimiliki dari ekspresi yang telah  terpilih?  3)  Mengapakah  kategori  dan  ekspresi  bahasa Jawa itu  muncul terkait dengan segala aktivitas masyarakat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo?.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kategori dan ekspresi bahasa Jawa yang terdapat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo. 2) Menjelaskan makna kultural yang dimiliki dari ekspresi yang telah terpilih. 3) Menjelaskan alasan mengapa kategori dan ekspresi bahasa Jawa itu muncul terkait dengan segala aktivitas masyarakat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data primer berasal dari peristiwa wawancara yang dilakukan peneliti di  Pasar  Nguter  Kabupaten  Sukoharjo  dengan  narasumber  (informan)  yang terpilih. Sumber data sekunder berupa sumber tertulis yang meliputi catatan penting,   artikel, buku, dan arsip penting lainnya terkait dengan kategori dan ekspresi  bahasa  Jawa.  Pengumpulan  data  menggunakan  teknik  wawancara. Adapun teknik dasar yang digunakan adalah teknik pancing. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik simak, teknik catat, dan teknik cakap. Analisis data menggunakan  metode  padan  referensial.  Metode  padan  referensial  digunakan untuk  menganalisis  kategori,  ekspresi,  makna  kultural  serta  latar  belakang kategori dan ekspresi itu muncul. Metode penyajian data menggunakan metode deskriptif, formal, dan informal.

Hasil penelitian dari kategori dan ekspresi bahasa Jawa yang terdapat di Pasar Nguter Kabupaten Sukoharjo ini ditemukan 10 (sepuluh) kategori  yaitu kategori dan ekspresi makanan berbahan dasar pohong „singkong?, kategori dan ekspresi  makanan  berbahan  dasar  glepung  pathi  „tepung pati?, kategori  dan ekspresi makanan berbahan dasar beras ketan, kategori dan ekspresi makanan berbahan  dasar  glepung  ketan  „tepung ketan?, kategori  dan  ekspresi  sayuran bayam, kategori dan ekspresi tanaman buah serupa bentuk, kategori dan ekspresi sayuran berdun menjari, kategori dan ekspresi sayuran sawi, serta kategori dan ekspresi buah gedhang „pisang?. Makna kultural dari ekspresi yang telah terpilih telah sesuai dengan karakteristik dari bentuk, warna, manfaat, serta karakter fisik dari kategori yang ada. Terdapat 7 faktor utama yang melatarbelakangi munculnya kategori dan ekspresi tersebut.

Kata kunci : kategori, ekspresi, pasar Nguter Sukoharjo, etnolinguistik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
legal agreement-Dian AR.pdf
Dian Aulia RF_B0115016 Siap.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Wakit Abdullah Rais
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya