Penulis Utama : Muhammad Putra Soleh
NIM / NIP : B0115040
×

Antologi cerkak Sing Waras Ngalah merupakan judul antologi cerkak karangan dari Oyos. Dari delapan belas judul cerkak dalam antologi tersebut, hanya lima judul cerkak yang diteliti, yaitu Pakulinan, Rampung Reuni, Sinau Bakulan, Pangajabku, dan Sing Waras Ngalah. Kelima judul cerkak menceritakan perasaan simpati dan empati terhadap keadaan orang lain yang sedang mengalami kesusahan atau menderita.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ada tiga hal, yaitu (1) Bagaimanakah unsur-unsur struktural lima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos menurut teori Robert Stanton yang meliputi fakta- fakta cerita, tema, dan sarana-sarana sastra, (2) Bagaimanakah potret kepribadian tokoh utama lima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos,  (3)  Bagaimanakah  bentuk  simpati  dan  empati  tokoh  utama  lima  judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos.
Tujuan penelitian ini, yaitu (1) Mendeskripsikan unsur-unsur struktural lima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos menurut teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita, tema, dan sarana-sarana sastra, (2) Mendeskripsikan potret kepribadian tokoh utama lima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos, (3) Mendeskripsikan bentuk simpati dan empati tokoh utama lima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian sastra yang didasari oleh bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari lima judul cerkak, yaitu Pakulinan, Rampung Reuni, Sinau Bakulan, Pangajabku, dan Sing Waras Ngalah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini, yaitu content analisys. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan

 

dengan dua analisis data sesuai dengan pendekatan yang digunakan, yaitu analisis data struktural dan analisis data psikologis.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu (1) Unsur struktural, kelima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos menandakan bahwa semua unsur-unsur  struktural  mempunyai  hubungan  erat  karena  saling  berkaitan,  (2) Unsur psikologi, analisis kepribadian tokoh utama kelima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos yang mempunyai tingkatan kepribadian kesadaran dan ketidaksadaran yang diikuti oleh tipe ekstrovert beserta fungsi rasional dan irasional pada kelima tokoh utama kepada tokoh bawahan karena penderitaan yang dialami, (3) Segi bentuk simpati dan empati, kelima judul cerkak dalam antologi cerkak Sing Waras Ngalah karya Oyos mempunyai masing- masing bentuk simpati dan empati terhadap tokoh bawahan karena merasa kasihan.

Kata kunci: Cerkak, Struktural, Psikologi Sastra, Simpati, Empati

 

×
Penulis Utama : Muhammad Putra Soleh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115040
Tahun : 2019
Judul : Simpati dan empati tokoh utama lima judul cerkak dalam antologi cerkak sing waras ngalah karya oyos (tinjauan psikologi sastra).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-B01150405-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.