Penulis Utama : Muhammad Fuzy Wahyudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315135
Tahun : 2018
Judul : Analisis efisiensi belanja daerah urusan pendidikan dan kesehatan dengan metode data envelopment analysis (DEA) : studi pada pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F1315135-2018
Subyek : EFISIENSI BELANJA PEMERINTAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efisiensi belanja pemerintah daerah di bidang pendidikan dan kesehatan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode DEA dapat mengukur efisiensi dari entitas pemerintah dengan menggunakan banyak input dan output. Hal ini sesuai dengan karakter pemerintah yang memiliki tugas untuk menyediakan berbagai pelayanan publik untuk memecahkan masalah kompleks di masyarakat. Ukuran efisiensi yang dihasilkan oleh DEA adalah ukuran relatif, dibandingkan dengan Decision Making Unit (DMU) yang memiliki efisiensi tertinggi di antara DMU lainnya dalam sampel, sehingga hasilnya akan berbeda jika sampel berubah. Oleh karena itu, dalam pemilihan DMU harus didasarkan pada karakteristik yang sama. Hasil DEA dapat digunakan untuk mengidentifikasi input atau output mana yang harus ditingkatkan jika DMU perlu meningkatkan efisiensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu tahun 2014 sampai dengan 2016 Kota Banjar adalah satu-satunya DMU yang mempunyai nilai paling efisien secara relatif baik di sektor pendidikan maupun kesehatan. Metode DEA dapat digunakan oleh pemerintah untuk menciptakan iklim anggaran yang efisien dalam bidang pelayanan publik.
 
Kata Kunci: Efisiensi belanja pemerintah, Data Envelopment Analysis, Decision Making Unit, Anggaran pemerintah, Pelayanan publik.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lulus Kurniasih, S.E., M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis