Penulis Utama : Bekti Mardiastuti
NIM / NIP : B0115012
×

Permasalahan yang dikaji dalam peneilitian ini adalah: (1) bagaimanakah bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada rubrik Ah Tenane dalam Harian Solopos?; dan (2) bagaimanakah faktor yang melatarbelakangi interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada  rubrik  Ah  Tenane  dalam  Harian  Solopos?  Tujuan  dalam  penelitian  ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada rubrik Ah Tenane dalam Harian Solopos; (2) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada rubrik Ah Tenane dalam Harian Solopos.

Jenis   penelitian   ini   adalah   deskriptif   kualitatif.   Sumber   data   dalam penelitian ini adalah rubrik Ah Tenane yang dimuat dalam Harian Solopos. Data dalam  penelitian  ini  berupa  kata  yang  mengandung  afiksasi  dan  reduplikasi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian   ini   adalah   metode   simak   dengan   teknik   catat.   Analisis   data menggunakan metode distribusional dan metode padan referensial dengan teknik dasar  pilah  unsur  penentu  (PUP)  dan  meggunakan  teknik  lanjutan  hubung banding.

Berdasarkan analisis data dapat  disimpulkan sebagai berikut: (1)  bentuk interferensi morfologi yaitu afiksasi terdiri dari prefiks yang terdiri dari (a) prefiks [N-] beralomorf [ny-] (b) prefiks [N-] beralomorf [ng-] (c) prefiks [N-] beralomorf [m-] (d) prefiks [N-] beralomorf [n-] (e) prefiks [ke-] (f) prefiks [dak/tak-], sufiks yang terdiri dari sufiks [-an] dan [-e], konfiks yang terdiri dari [ke-an] dan [N-i]; dan reduplikasi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Interferensi reduplikasi terdiri dari (a) dwilingga, (b) dwilingga salin swara atau kata ulang berganti bunyi, (c) dwilingga berimbuhan atau kata ulang berimbuhan, dan (d) dwilingga salin swara berimbuhan atau kata ulang berganti bunyi berimbuhan. (2) faktor yang melatarbelakangi interferensi antara lain: (a) kedwibahasaan penutur, (b) kebutuhan akan sinonim, (c) terbawanya kebiasaan bahasa ibu.

Kata-kata kunci: interferensi, morfologi, rubrik Ah Tenane

×
Penulis Utama : Bekti Mardiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115012
Tahun : 2019
Judul : Inteferensi morfologi basa jawi dhateng basa indonesia wonten ing rubrik ah tenane ing salebetipun Ariwarti Solopos.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-B0115012-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.