Penulis Utama : Birru Qolabu Mubarokan Ahmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0614009
Tahun : 2019
Judul : Akar sebagai sumber ide dalam karya digital painting
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Sastra dan Seni Rupa - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Senirupa dan Desain Jur. Studi Seni Rupa Murni -C0614009- 2019
Subyek : DIGITAL PAINTING--AKAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Akar merupakan bagian dari tumbuhan yang berfungsi sebagai penopang sekaligus pencari sumber makanan dan beberapa fungsi lainnya. Ketika melihat akar dengan bentuk yang rumit, bentuk tersebut mengingatkan pada masalah dan muncul ketertarikan. Akar dijadikan sebagai sumber ide dan kemudian divisualisasikan dengan mengekplorasi bentuknya.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konsep, metode, teknik, dan proses pembuatan karya tugas akhir yang mengangkat akar sebagai sumber ide. Tugas akhir ini menjelaskan  akar sebagai teori, akar sebagai ide dan akar sebagai visual karya seni. Karya dibuat pada media digital dengan menggunakan teknik digital painting. Konsep visual akar dibuat dengan deformasi bentuk, menggunakan bentuk dan karakteristik akar sebagai komponen visual utama.
Pembuatan karya ini diharap mampu menyampaikan pesan sebagaimana karya ini dibuat. Bahwa akar tumbuh untuk menumbuhkan tumbuhan, dan masalah hadir untuk menumbuhkan diri manusia. Jika diperhatikan bentuk akar yang rumit terkadang terasa menarik bila diperhatikan, begitu juga masalah, terkadang masalah juga akan tampak menarik bila diperhatikan dengan baik. Cobalah untuk memperhatikan berbagai hal dengan baik, mungkin akan muncul sisi mernarik yang tidak diketahui oleh orang lain. Akar tumbuh, menjalar dan bercabang untuk membuat tumbuhan dapat terus tumbuh dan berdiri tegak. Begitu pula masalah, muncul, berliku dan penuh rintangan untuk membuat manusia dapat terus tumbuh dan berkembang. Mari kita lihat setiap sisi baik setiap hal lalu kita lihat sisi negatifnya, kemudian kita pilah, jika itu baik maka lakukanlah, jika itu buruk maka cobalah menghindarinya.
Tugas Akhir ini merupakan gagasan imajinasi yang dikemas dalam bentuk karya seni dua dimensi. Bentuk-bentuk dari objek diolah secara imajinatif dan kreatif melalui beberapa proses dangan media digital. Penyajian dilakukan dengan dicetak pada kertas dengan ukuran yang berbeda-beda, dan di bingkai warna hitam. Dari proses yang telah dilalakukan menghasilkan sembilan karya sebagai berikut, Tersesat, Pada Waktunya, Jaga Tetap Menyala, Terkontaminasi, Komplikasi, Di Baliknya, Berharga, Muatan, Dan Jalan Keluar.
Kata kunci : Akar, Seni Lukis, Digital Painting.

File Dokumen Tugas Akhir : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Budi, M.Sn,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain