Penulis Utama : Agustin Jazilla Ekaning Dyah
NIM / NIP : I8213001
×

ABSTRAK
Simpang Tak Bersinyal Jalan Adi Sumarmo Banyuanyar Kota Surakarta merupakan kawasan komersial dan permukiman sehingga memiliki lalu lintas yang lengkap dan tingkat pertumbuhan lalu lintas yang cepat. Simpang ini disebut daerah komersial karena banyak terdapat pertokoan, warung dan ruko. Hal ini dipengaruhi dengan kurangnya fasilitas yang memadai seperti tidak adanya lampu syarat lalu lintas. Masalah ini sangat terasa terutama pada jam-jam sibuk sehingga perlu dianalisis untuk kemudian dicari pemecahannya.
Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan MKJI 1997. Penelitian ini dilaksanakan di simpang empat tak bersinyal ( Jalan Adi Sumarmo, Jalan Sawahan dan Jalan Pakel). Survei dilaksanakn pada jam puncak yaitu waktu pagi, siang, sore.
Dari hasil perhitungan kinerja simpang tersebut pada kondisi eksisting memiliki DS = 0,96 (jam puncak pagi), DS = 0,88 (jam puncak siang), dan DS = 0,92 (jam puncak sore) ; Kapasitas simpang = 2431,78 smp/jam dan Tundaan = 13,45 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak pagi, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak pagi. Perbaikan yang dilakukan yaitu pemasangan Traffic Light dengan sinyal 3 fase dengan waktu siklus 71 detik. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan DS pendekat Utara = 0,81, DS pendekat Selatan = 0,47, DS pendekat Timur = 0,81, DS pendekat Barat = 0,81 ; Panjang antrian = 117,4 m dan Tundaan = 43,39 det/smp. Biaya untuk pemasangan traffic light sebesar Rp 357.562.000,- dengan waktu pelaksanaan selama 3 minggu tepatnya 16 hari.
Kata kunci : MKJI 1997, Kinerja Simpang, DS, Traffic light.

×
Penulis Utama : Agustin Jazilla Ekaning Dyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8213001
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi kinerja simpang empat tak bersinyal jalan Adi Sumarmo Banyuanyar Kota Surakarta menjadi simpang bersinyal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Prog. DIII Teknik Sipil-I8213001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.