Penulis Utama : Noor Alfian Ma'ruf
NIM / NIP : F1315137
×

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah respon pemerintah daerah terhadap penyaluran dana transfer antar pemerintah. Pemerintah daerah cenderung menggunakan dana transfer sebagai sumber pendanaan utama untuk membiayai pengeluaran daerah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris tentang Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah di Daerah Otonomi Baru (DOB). Flypaper Effect merupakan sebuah fenomena ketika pemerintah daerah merespon belanja daerahnya dengan lebih mengandal dana transfer seperti DAU dan DBH daripada kemampuannya sendiri atau PAD. Penelitian ini dilakukan di 71 DOB di Indonesia pada periode tahun 2004-2014. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DAU, DBH dan PAD berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Hasil lainnya adalah Flypaper Effect terjadi dalam pengeluaran belanja daerah DOB di Indonesia.
 
Kata Kunci: Flypaper Effect, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja daerah.

×
Penulis Utama : Noor Alfian Ma'ruf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315137
Tahun : 2018
Judul : Flypaper effect dana alokasi umum, dana bagi hasil, dan pendapatan asli daerah terhadap pengeluaran belanja pemerintah daerah otonomi baru di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Akuntansi-F1315137-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lulus Kurniasih, S.E., M.S., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.