Penulis Utama : Basyaroh Purbania
NIM / NIP : K1212014
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan, persentase hasil, kesulitan yang dihadapi, dan cara mengatasi kesulitan siswa dalam menulis karangan deskripsi dilihat dari aspek isi, organisasi, penguasaan kalimat efektif, kosakata, dan mekanik pada siswa kelas XI AP1 SMK Batik 2 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan  studi kasus.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumen (karangan deskripsi siswa) dan informan (guru dan siswa). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara mendalam. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data, teori, dan review informan.Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian sebagai berikut. Gambaran kemampuan menulis karangan deskripsi dilihat dari aspek isi dengan kategori sangat baik berjumlah 13 siswa, kategori baik berjumlah 3 siswa, kategori cukup berjumlah 2 siswa, dan kategori kurang  berjumlah 7 siswa. Aspek organisasi dengan kategori  sangat  baik berjumlah 11 siswa, kategori baik berjumlah 8 siswa, kategori cukup berjumlah 5 siswa, dan kategori kurang berjumlah 1 siswa. Aspek penguasaan kalimat efektif dengan kategori sangat baik berjumlah 5 siswa, kategori baik berjumlah 6 siswa, kategori cukup berjumlah 8 siswa, dan kategori kurang berjumlah 6 siswa. Aspek kosakata dengan kategori sangat baik berjumlah 16 siswa, kategori baik berjumlah 6 siswa, kategori cukup berjumlah 3 siswa, dan kategori kurang berjumlah 0 siswa. Aspek mekanik dengan kategori sangat baik berjumlah 5 siswa, kategori baik berjumlah 14 siswa, kategori cukup berjumlah 4 siswa, dan kategori kurang berjumlah 2 siswa. Selanjutnya, persentase hasil tiap aspek meliputi aspek isi sebesar 19%, aspek organisasi sebesar 22%, aspek penguasaan kalimat efektif sebesar 16%, aspek kosakata sebesar 24%, dan aspek mekanik sebesar 19%. Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa disebabkan oleh kesulitan- kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis yaitu: sulit mengemukakan ide gagasan, sulit mengembangkan kalimat, sulit menentukan ejaan yang baik dan benar, dan sulit berkonsentrasi. Adapun solusinya adalah dengan: membuat kerangka karangan, mencari sumber inspirasi, menggunakan buku pedoman Ejaan Yang Disempurnakan, serta menambah waktu belajar (latihan menulis).

Kata kunci: kemampuan menulis, karangan deskripsi, persentase hasil

×
Penulis Utama : Basyaroh Purbania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212014
Tahun : 2019
Judul : Kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas XI APL SMK Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.,
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.