Penulis Utama : Mega Satriani Purwaningtyas
NIM / NIP : D1416032
×

ABSTRAK

Tujuan Kuliah Kerja Media atau KKM adalah sebagai persyaratan wajib kelulusan untuk mendapatkan gelar A.Md, yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir atau pada saat memasuki semester 6 D-III FISIP UNS. Penulis memilih stasiun televisi keluarga PT. Indosiar Visual Mandiri atau yang lebih dikenal dengan Indosiar yang beralamat di Jalan Damai Nomor 11, Daan Mogot, Jakarta Barat.
Penulis melaksanakan kegiatan KKM selama kurang lebih 3 bulan yang berlangsung mulai tanggal 18 Februari hingga 17 Mei 2019.  
Alasan penulis memilih Indosiar sebagai lokasi kegiatan KKM adalah karena penulis ingin mengetahui bagaimana proses produksi suatu program acara yang disiarkan secara live. Selain itu, program unggulan Indosiar adalah program-program pencarian bakat yang ditayangkan di jam prime time.
Menurut Mabruri, Production Assistant (PA) adalah sebuah profesi penting dalam dunia broadcast. Tanpa adanya seorang PA, Produser tidak bisa menjalankan programnya dengan lancar. PA adalah orang yang bertanggungjawab memproduksi langsung di lapangan atau lokasi shooting atas hasil produksi yang tentunya dibantu serta didukung oleh crew lain. Pada pelaksanaan kegiatan KKM, penulis ditempatkan di program Liga Dangdut Indonesia dan Festival Ramadan.
Selama kurang lebih tiga bulan pelaksanaan kegiatan KKM, penulis menarik kesimpulan bahwa peran Production Assistant sangatlah penting dalam proses produksi karena seorang PA bisa dibilang tangan kanan Produser, jadi seorang PA harus mengerti semua kebutuhan saat produksi.

 

×
Penulis Utama : Mega Satriani Purwaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416032
Tahun : 2019
Judul : Tahapan Kerja Production Assistant Dalam Siaran Live Program Liga Dangdut Indonesia Di Indosiar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1416032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.