Penulis Utama : Laeli Nasiroh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0415037
Tahun : 2019
Judul : Aktivitas antioksidan pegagan (Centella asiatica) terhadap jumlah serta bentuk eritrosit dan leukosit pada tikus (Rattus norvegicus) yang terpapar asap rokok
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Jur. Biologi-M0415037 -2019
Subyek : PEGAGAN, ERITROSIT, LEUKOSIT, JUMLAH, BENTUK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Asap rokok dapat menyebabkan stres oksidatif sehigga tubuh membutuhkan senyawa antioksidan yang lebih banyak. Tanaman pegagan mengandung antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas. Radikal bebas akan mempengaruhi jumlah serta bentuk eritrosit dan leukosit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan dari pegagan terhadap jumlah serta bentuk eritrosit dan leukosit pada tikus yang terpapar asap rokok.
Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan hewan uji tikus (Rattus norvegicus) yang diberi paparan asap rokok kemudian dilakukan pemberian ekstrak pegagan yang mengandung senyawa antioksidan dengan cara preoral. Hewan uji dikelompokkan menjadi 4  perlakuan yaitu perlakuan 1 kontrol, 2  diberi paparan asap rokok, 3 diberi ekstrak pegagan, 4 diberi paparan asap rokok dan diberikan ekstrak pegagan. Setelah itu dilakukan pengambilan darah pada tikus yang dilakukan pada H-3 perlakuan dan hari ke 29 setelah perlakuan, analisis eritrosit dan leukosit menggunakan alat hematology analyzer.
 Hasil penelitian menunjukkan jumlah kenaikan eritrosit tertinggi adalah perlakuan paparan asap rokok dan pemberian ektrak pegagan sebesar 1,125 x 106 sel/?L tetapi tidak terjadi signifikansi pada setiap perlakuan,  Sedangkan untuk leukosit memiliki kenaikan tetinggi pada paparan asap rokok, 5,43 x 10?3; sel/?L sedangkan untuk perlakuan pemberian ekstrak pegagan dan dipaparkan asap rokok jumlah leukosit mengalami penurunan sebesar 1.02 x 10?3; sel/?L dan terjadi signifikansi pada setiap perlakuan. Disamping itu dilakukan pengamatan bentuk dari eritrosit dan leukosit dimana pemberian ektrak pegagan  mengalami lebih sedikit kerusakan dibandingkan dengan perlakuan lain. Sedangkan untuk efektivitas antioksidan didapatkan nilai IC50 sebesar 4,17 ppm mampu menghambat proses oksidasi sebesar 50%.
Kata Kunci : pegagan, eritrosit, leukosit, jumlah, bentuk

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Noor Soesanti H, M.Si.
2. Dr. Shanti Listyawati, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA