Penulis Utama : Rofiq Kurniawan
NIM / NIP : K3313064
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kerjasama pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model belajar Teams games tournaments dengan media pembelajaran boardgame Chemine; dan (2) meningkatkan prestasi belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model belajar Teams games tournaments dengan media pembelajaran boardgame Chemine.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data  melalui  observasi,  wawancara,  angket  dan  tes.  Teknik  analisis  yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams games tournaments menggunakan media pembelajaran boardgame Chemine dapat: (1) meningkatkan kerjasama siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan kerjasama siswa adalah 75% dan meningkat menjadi 87,5% pada siklus II; serta (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencakup tiga aspek yaitu, pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Persentase prestasi  belajar pengetahuan  pada siklus  I sebesar 50% meningkat menjadi 78% pada siklus II. Persentase prestasi belajar aspek sikap pada siklus I adalah 100%. Serta persentase belajar aspek keterampilan pada siklus I adalah 100%.

Kata Kunci: Teams   Games   Tournaments,   boardgame   Chemine,   kerjasama, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan.

 

×
Penulis Utama : Rofiq Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313064
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Teams Games Tournaments Dengan Boardgame Chemine Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mipa Semester Genap Di Sma Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Kimia-K3313064-2019
Kata Kunci : Teams Games Tournaments, boardgame Chemine, kerjasama, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo, S.Si., M.Si
2. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.