Penulis Utama : Mohammad Bahruddin Dafiq
NIM / NIP : K8113053
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi kesehatan fisik serta gangguan kesehatan fisik pada anak usia 4-5 tahun pada komunitas suku Bajo di desa Sama Bahari Wakatobi.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian ialah tiga anak dari TK Hubbul Wathan yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan perpanjangan pengamatan.
Simpulan hasil penelitian ini menunjukan kondisi kesehatan fisik anak usia
4-5 tahun rata-rata dalam kondisi yang sehat, namun peneliti berhasil menemukan dua anak yang mengalami gangguan kesehatan fisik. Gangguan kesehatan fisik yang ditemukan yaitu iritasi kulit dan batuk pilek. Faktor yang mempengaruhi gangguan kesehatan fisik yaitu faktor keluarga dan faktor kebiasaan. Faktor keluarga yaitu terkait dengan pengambilan keputusan untuk memilih tindakan dan memberikan perawatan bagi anak yang sakit. Orang tua masih mengandalkan pengobatan  tradisional  warisan  leluhur  dan  menggunakan  pengobatan  medis ketika penyakit anak dianggap sudah parah. Faktor kebiasaan yaitu terkait kebiasaan  mandi  menggunakan  air  laut  tanpa  dibilas  dengan  air  tawar.  Hal tersebut yang menyebabkan salah satu subjek menderita iritasi kulit.

Kata Kunci : Kesehatan Fisik, Anak Usia 4-5 Tahun, Komunitas Suku Bajo

 

×
Penulis Utama : Mohammad Bahruddin Dafiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113053
Tahun : 2018
Judul : Kesehatan fisik anak usia 4-5 pada komunitas suku Bajo di desa Sama Bahari Wakatobi (studi kasus di TK Hubbul Wathan komunitas suku Bajo Wakatobi).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Studi PG PAUD-K8113053-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Munif Syamsudin, S.PdI, M.A.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.