Penulis Utama : Gigih Yudha Alam
NIM / NIP : I8213014
×

ABSTRAK
Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Slamet Riyadi Kabupaten Sukoharjo merupakan kawasan komersial dan permukiman. Simpang ini disebut daerah yang memiliki tipe lingkungan jalan komersial karena banyak terdapat pertokoan. Simpang ini merupakan salah satu persimpangan yang sangat padat dan volume kendaraan saat jam puncak (peak hour) yang terus bertambah sehingga menyebabkan kapasitas, tundaan, derajat kejenuhan, panjang antrian sangat buruk. Masalah lainnya adalah adanya warung yang menempati bahu jalan yang menyebabkan keluar masuk kendaraan pembeli sangat banyak dan tentunya akan mengurangi kapasitas jalur tersebut. Masalah ini sangat terasa terutama pada jam-jam aktif kerja sehingga perlu dianalisis untuk kemudian dicari pemecahannya.
Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan MKJI 1997. Penelitian ini dilakukan di simpang tak bersinyal empat lengan (Jalan Raya Slamet Riyadi, Jalan Genk, Jalan Rambutan). Survei dilakukan pada jam puncak (peak hour) yaitu pagi, siang dan sore.
Dari hasil perhitungan kinerja simpang tersebut pada kondisi eksisting memiliki DS = 0,87 (jam puncak pagi), DS = 0,94 (jam puncak siang), dan DS = 0,92 (jam puncak sore) ; Kapasitas simpang = 2923,00 smp/jam dan Tundaan = 16,60 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak siang, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak siang. Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan pelebaran jalan pendekat Utara dan Barat serta pendirian Traffic Light dan pemberian rambu dilarang berhenti dengan sinyal 3 fase dengan waktu siklus 77 detik. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan DS pendekat Utara = 0,77, DS pendekat Selatan = 0,83, DS pendekat Timur = 0,83, DS pendekat Barat = 0,83 ; Panjang antrian = 136,3 m dan Tundaan = 50,50 det/smp. Biaya untuk pelebaran jalan dan pemasangan traffic light sebesar Rp 381.000.000,- dengan waktu pelaksanaan selama 3 minggu tepatnya 16 hari.
Kata kunci : MKJI 1997, Kinerja, Degree Saturation, Traffic light.

×
Penulis Utama : Gigih Yudha Alam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8213014
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi kinerja simpang empat tak bersinyal jalan raya Slamet Riyadi Kabupaten Sukoharjo menjadi simpang bersinyal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8213014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.