Penulis Utama : Pungki Dian Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215049
Tahun : 2019
Judul : Register jual beli online dalam media sosial facebook grup clothingan Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-B0215049-2019
Subyek : REGISTER, FUNGSI BAHASA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Register adalah sekumpulan dari bahasa yang terkait dengan pekerjaan atau grup sosial. Register yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan adanya variasi bentuk yang  digunakan pada aktivitas jual beli online dalam grup Clothingan Solo. Adanya berbagai variasi bentuk yang ditemukan maka dapat dikaji dalam rumusan bentuk register dan  register Clothingan Solo dikaitkan dengan fungsi bahasa. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bentuk register dan kaitannya register dengan fungsi bahasa dalam grup Clothingan Solo.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah media sosial Facebook grup Clothingan Solo. Data yang digunakan ialah kata, frasa, dan abreviasi yang termasuk register. Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Klasifikasi data dilakukan dengan mengklasifikasikan data sesuai dengan bentuk register yang ditemukan dan fungsi bahasa yang ditemukan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan, yakni padan referensial, padan translasional dan padan pragmatis dan teknik digunakan yaitu teknik pilah unsur penentu (PUP). Sementara itu, hasil dari analisis data dalam penelitian ini disajikan dengan metode informal.

Simpulan dari penelitian ini adalah bentuk register yang ditemukan dalam media sosial Facebook grup Clothingan Solo berupa bentuk tunggal, bentuk kompleks, abreviasi dan frasa. Bentuk tunggal yang ditemukan berupa kata tunggal. Bentuk kompleks yang ditemukan berupa afiksasi, reduplikasi, dan pemajemukan. Kemudian, ditemukan bentuk abreviasi yang berupa singkatan, penggalan, dan kontraksi. Berdasarkan hal tersebut, tampak bahwa bentuk register yang digunakan pada jual beli online dalam media sosial Facebook grup Clothingan Solo lebih banyak ditemukan dalam bentuk kompleks berupa singkatan. Sementara itu, kaitan register dengan fungsi bahasa yang ditemukan dalam media sosial Facebook grup Clothingan Solo berupa fungsi instrumental, fungsi representational, dan fungsi interactional. Berdasarkan hal tersebut, tampak bahwa register grup Clothingan Solo yang dikaitkan dengan fungsi bahasa lebih banyak ditemukan berupa fungsi bahasa representational.

Kata kunci: register, bentuk register, fungsi bahasa, Clothingan Solo

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
COVER.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya