Penulis Utama : Gunawan Sudrajad
NIM / NIP : K4613066
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola melalui penggunaan media visual pada siswa kelas IV SDLB – B SLB Negeri Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDLB – B Negeri Wonogiri yang berjumlah 6 siswa yang terdiri 4 siswa putra dan 2 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitasi data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah 6 siswa hanya 2 siswa yang tuntas dan 4 siswa belum tuntas atau dengan persentase 33,33% siswa tuntas dan 66,67% siswa belum tuntas. Pada siklus I menunjukkan adananya peningkatan hasil belajar siswa, sebanyak 3 siswa tuntas atau sebesar 50% dan 3 siswa belum tuntas atau sebesar 50%. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, sebanyak 5 siswa tuntas atau sebesar 83,33% dan 1 siswa belum tuntas atau sebesar 16,67%.
Dari hasil analisis data yang di kemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola pada siswa kelas IV SDLB – B SLB Negeri Wonogiri Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci : Hasil belajar, gerak dasar lempar tangkap bola, media visual

×
Penulis Utama : Gunawan Sudrajad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613066
Tahun : 2018
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola melalui penggunaan media visual pada siswa kelas IV SDLB – B SLB Negeri Wonogiri tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-K4613066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes.
2. Waluyo, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.