Penulis Utama : Adam Prasetyo Wibowo
NIM / NIP : K2512005
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan dimana letak posisi kuadran pada masing-masing program studi di Eks Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS) FKIP UNS menggunakan metode analisis SWOT (2) menemukan perencanaan strategis Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa di Eks Jurusan PBS FKIP UNS dalam upaya pengembangan program studi menggunakan metode SWOT.
    Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua stakeholder program studi di Eks Jurusan PBS FKIP UNS Surakarta. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan flow model.
    Hasil penelitian ini adalah : (1) letak posisi kuadran Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terletak di kuadran I (strength-opportunity). Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris terletak di kuadran II (strength-treath). (2) Perencanaan strategis yang dapat diterapkan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya pengembangan program studi menggunakan matriks SWOT yaitu : (a) peningkatan kapasitas SDM (b) Menjadikan program mahasiswa berprestasi (mawapres) menjadi program unggulan bagi mahasiswa (c) Melakukan implementasi kurikulum secara disiplin dan bertanggung jawab (d) memperbanyak publikasi jurnal internasional untuk dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa (e) Melakukan peningkatan perawatan sarana prasarana secara berkala (f) melakukan analisis kebutuhan anggaran untuk membuat rancangan anggaran (g) menerpakan pembelajaran work based learning dalam pembelajaran mahasiswa (h) Menyusun SOP yang jelas untuk manajemen organisasi prodi (i) Memperbaiki komunikasi antara perguruan tinggi dengan dunia kerja (j) Memperbaiki kinerja tim multimedia dan informasi yang ada di prodi (k) Memperbaiki hubungan kerjasama dengan lembaga mitra (l) menjalin kerjasama dengan pemerintah di daerah-daerah untuk mendistribusikan lulusan prodi (m) meningkatkan kualitas dan kuantitas program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kata Kunci : SWOT, Perencanaan Strategis, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Rupa

 

×
Penulis Utama : Adam Prasetyo Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512005
Tahun : 2017
Judul : Integrasi swot kuantitatif dan kualitatif untuk menyusun perencanaan strategis bidang pendidikan (studi kasus di eks-jurusan pendidikan bahasa dan seni (PBS) Fkip UNS Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS)-K2512005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T.
2. Yuyun Estriyanto, S.T, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.