Penulis Utama : Jerry Indra Setiawan
NIM / NIP : S601408002
×

Latar belakang: Penyelam profesional akan memiliki volume paru lebih besar daripada bukan penyelam profesional akibat proses adaptasi paru. Efek menahan napas saat menyelam berpengaruh terhadap nilai kapasitas vital paksa (KVP) dan volume ekspirasi paksa detik pertama (VEP1). Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh tekanan penyelaman dan lama penyelaman terhadap perubahan faal paru pada penyelam profesional dan bukan penyelam profesional.
Metode: Penelitian cross sectional dengan pendekatan observasi pretest dan postest pada personil penyelam Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) yang berdinas di Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Komando Armada II (dua) Surabaya dan personil TNI AL yang berdinas di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan yang dilaksanakan di Lembaga Kesehatan Kelautan (Lakesla) TNI AL Drs. Med. R. Rijadi S., Phys di Surabaya pada bulan Maret hingga April 2019 secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan subjek tidak berpasangan sehingga data penelitian diuji dengan Independent t Test jika data berdistribusi normal dan uji Mann Whitney jika data tidak berdistribusi normal.
Hasil: Nilai KVP pada tekanan 1,3 ATA selama 10 menit pada penyelam profesional dibanding bukan penyelam profesional adalah signifikan (p=0,042), nilai VEP1 juga menunjukan nilai signifikan (p=0,040). Nilai KVP pada tekanan 1,3 ATA selama 20 menit pada penyelam profesional dibanding bukan penyelam profesional adalah tidak signifikan (p=0,092), namun nilai VEP1 menunjukan nilai signifikan (p=0,049). Nilai KVP pada tekanan 1,5 ATA selama 10 menit pada penyelam profesional dibanding bukan penyelam profesional adalah tidak signifikan (p=0,865), nilai VEP1 juga menunjukan tidak signifikan (p=0,659). Nilai KVP pada tekanan 1,5 ATA selama 20 menit pada penyelam profesional dibanding bukan penyelam profesional adalah tidak signifikan (p=0,858), nilai VEP1 juga menunjukan tidak signifikan (p=0,857).
Kesimpulan: Faktor risiko terjadinya lung injury pada penyelaman di tekanan 1,3 ATA dan 1,5 ATA dengan waktu 10 menit dan 20 menit memiliki risiko yang sama antara kelompok penyelam profesional dan kelompok bukan penyelam profesional.
Kata kunci: Penyelam bukan profesional, Penyelam profesional, KVP VEP1, VEP1/KVP

 

×
Penulis Utama : Jerry Indra Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S601408002
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh tekanan dan lama penyelaman terhadap faal paru pada penyelam profesional dan bukan penyelam profesional
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Pulmonologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Dokter Spesialis Pulmonologi Dan Kedokteran Respirasi-S601408002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. DR. Suradi, Dr., Sp.P(K), MARS, FISR
2. DR. Yusup Subagio Sutanto, Dr., Sp.P(K), FISR
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.