Penulis Utama : Nova Dany Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513049
Tahun : 2017
Judul : Analisis eksergi bottoming binary system pada pembangkit listrik tenaga panas bumi di PT. Indonesia power upjp kamojang unit 2 kapasitas 55 mw dengan menggunakan metode termodinamika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Teknik Mesin -K2513049-2017
Subyek : ANALISIS ENERGI DAN EKSERGI, PLTP, SISTEM BINARY, VARIASI FLUIDA KERJA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW) dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019). Proyeksi kapasitas ini sebagian besar ditunjang oleh pembangkit listrik bahan bakar fosil dan sebagian kecil dari pembangkit listrik berbahan bakar baru dan terbarukan. Salah satu pemanfaatan energi terbarukan yang saat ini memiliki potensi besar adalah panas bumi yang dikembangkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). PLTP Kamojang adalah salah satu PLTP terbesar di Indonesia yang memiliki kapasitas terpasang 235 MW dari 5 unit pembangkit. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan hasil perhitungan analisis energi dan eksergi pada PLTP Kamojang Unit 2 dan tambahan sistem binary PLTP Kamojang Unit 2 dengan metode termodinamika serta mengetahui peningkatan efisiensi sistem dan model PLTP yang memiliki efesiensi sistem terbaik berdasarkan variasi fluida kerja dari Bottoming Binary System pada PLTP Kemojang Unit 2. Penelitian ini menggunakan metode komputasi numerik. Objek penelitian adalah PLTP PT. Indonesia Power UPJP Kamojang Unit 2 kapasitas 55 MW. Analisis data menggunakan metode termodinamika untuk perhitungan energi dan eksergi dengan software Engineering Equation Solver (EES).
 Hasil penelitian diketahui bahwa PLTP Kamojang Unit 2 memiliki energi yang dihasilkan turbin sebesar 58797 kW, lokasi dan besarnya kehilangan eksergi terbesar di main condenser sebesar 185427 kW serta net power sebesar 47556,72 kW dengan  first law efficiency 16,45?n second law efficiency 18,69%. Tambahan sistem binary PLTP Kamojang Unit 2 diketahui energi yang dihasilkan turbin sebesar 5967 kW, lokasi dan besarnya kehilangan eksergi terbesar di evaporator sebesar 11276 kW serta efisiensi eksergi terkecil di air cooling condenser sebesar 5,12?n net power output sebesar 1308,337 kW dengan first law efficiency 2,99?n second law efficiency 10,62%. Terjadi peningktan net power output sebesar 48865,057 kW dengan first law efficiency 19,44?n second law efficiency 28,75% saat sistem utama PLTP Kamojang Unit 2 dan sistem binary digabung (Bottoming Binary System). Bottoming Binary System pada PLTP Kemojang Unit 2 dengan fluida kerja n-pentane memiliki efisiensi sistem terbaik.

Kata kunci: analisis energi dan eksergi, PLTP, sistem binary, variasi fluida kerja

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi, M. Eng.
2. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd, M. T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP