Penulis Utama : Hernita Intan Gusmaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608027
Tahun : 2019
Judul : Konsumsi Suplemen Ergogenik dalam Latihan Kebugaran Jasmani (Survei pada Anggota Fitness Centre di Kabupaten Sleman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Keolahragaan-A121608027-2019
Subyek : SUPLEMEN, ERGOGENIK, FITNESS CENTRE
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh rasa keingintahuan  peneliti  tentang  suplemen- suplemen yang sering dikonsumsi oleh olahragawan, terutama pada anggota fitness centre sehingga penelitian ini membahas mengenai konsumsi suplemen ergogenik dalam latihan kebugaran jasmani (survei pada anggota fitness centre di kabupaten Sleman). Adapun tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran empiris mengenai fenomena pengkonsumsian suplemen ergogenik, pemahaman tentang suplemen ergogenik, realita pengkonsumsian suplemen ergogenik, dan dampak konsumsi suplemen ergogenik pada anggota fitness centre di kabupaten Sleman.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi sasaran adalah anggota fitness centre di kabupaten Sleman. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling sehingga diperoleh responden yang berjumlah 258 orang. Data diperoleh melalui angket tertutup yang dibagikan kepada para responden dan dilaksanakan di 12 fitness centre yang terdapat di kabupaten Sleman. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase serta uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena pengkonsumsian suplemen ergogenik dilakukan oleh 34.1% anggota fitness centre. Sebanyak 58.1% anggota fitness centre memiliki pengetahuan yang sedang terhadap suplemen ergogenik. Realita pengkonsumsian suplemen ergogenik digambarkan  oleh 27.9% anggota  yang setidaknya  mengkonsumsi 1-2 macam suplemen ergogenik. Dampak konsumsi suplemen ergogenik digambarkan oleh 33.7% anggota fitness centre yang merasakan perubahan setelah mengkonsumsi suplemen ergogenik. Dalam penelitian ini, peneliti juga menemukan hasil bahwa terdapat hubungan antara variabel tertentu terhadap konsumsi suplemen ergogenik.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. dr. Noer Rachma, Sp.KFR.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana