Penulis Utama : Muhammad Nur Fauzi
NIM / NIP : I8614027
×

ABSTRAK
Proyek akhir ini berisi tentang Kursi Roda Lincah UNS, yang melatari proyek akhir ini adalah mempermudah aktifitas penderita difabel khususnya di indonesia. Sebagai negara berkembang yang mayoritas penduduknya masih berekonomi menengah kebawah, tentunya adalah sesuatu beban apabila masyarakat khususnya penyandang difabel untuk beraktivitas menggunakan kursi roda listrik seperti di negara-negara maju, karena pertimbangan ekonomi dan penggunaan energi, maka dari itu dibutuhkanlah inovasi kursi roda yang lebih ekonomis tentu dengan pengoperasian yang lebih mudah berupa Kursi Roda Lincah UNS.
Laporan Proyek Akhir ini membahas perancangan dan proses pembuatan Kursi Roda Lincah UNS. Disamping itu juga membahas lebih dalam khususnya sistem transmisi yang digunakan pada Kursi Roda Lincah UNS tersebut yaitu sistem transmisi rantai dan sprocket. Adapun proses pembuatan Kursi Roda Lincah UNS ini meliputi beberapa tahapan, yaitu observasi, proses perancangan, peroses pembuatan alat, perakitan komponen, dan pengujian Kursi Roda Lincah UNS.  
Kursi Roda Lincah UNS ini menggunakan sistem transmisi rantai dan sprocket, dengan panjang rantai 1282,7 mm, kecepatan putar tuas 60 rpm, beban total pada rantai 2102,59 N.
Kata kunci: KURSI RODA LINCAH UNS, SISTEM TRANSMISI, TRANSMISI RANTAI DAN SPROCKET.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Nur Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8614027
Tahun : 2018
Judul : Sistem transmisi rantai pada purwarupa kursi roda lincah UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8614027 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R. Lullus Lambang G.H., S.T., M.T.
2. Dr. Budi Santoso, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.