Penulis Utama : Cinde Semara Dahayu
NIM / NIP : E0015090
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan perjanjian kerjasama kemitraan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1997 Tentang Kemitraan juncto Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan mengetahui permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama kemitraan Brownies Cinta Cabang Sragen beserta penyelesaiannya. Obyek penelitian kerjasama kemitraan dilakukan di Brownies Cinta Cabang Sragen.
 Penulisan hukum dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hukum empiris, yaitu penelitian yang berawal dari meneliti data sekunder, untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan, atau terhadap masyarakat. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama kemitraan yang dilakukan oleh Brownies Cinta Cabang Sragen tidak memenuhi satu ketentuan dari isi perjanjian kemitraan yang telah ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2013, isi perjanjian kerjasama kemitraan Brownies Cinta Cabang Sragen hanya memuat kriteria kegiatan usaha, jangka waktu kontrak, dan penyelesaian perselisihan.
Dalam perjanjian tidak adanya ketentuan mengenai bentuk pengembangan. Serta muncul kelemahan dalam isi surat perjanjian kerjasama kemitraan yaitu surat perjanjian kerjasama Brownies Cinta Cabang Sragen belum dalam bentuk akta otentik. Penyelesaian masalah tersebut dengan pihak pemilik Brownies Cinta dapat mengubah bentuk surat perjanjian kerjasama yang awalnya akta dibawah tangan menjadi akta otentik yang dibuat dihadapan pejabat yang berwenang misalnya Notaris, agar keabsahan akta perjanjian kerjasama dapat terjamin dan mengantisipasi apabila ada pihak yang mengingkari isi dari perjanjian tersebut.

Kata Kunci : Brownies Cinta; Kerjasama Kemitraan; Usaha Mikro Kecil dan Menengah

×
Penulis Utama : Cinde Semara Dahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015090
Tahun : 2019
Judul : Tinjauan yuridis tentang perjanjian kerjasama kemitraan (studi kasus di Brownies Cinta Cabang Sragen).
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015090-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ambar Budhisulistyawati, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.