Penulis Utama : Sulung Apriyanto
NIM / NIP : I8213028
×

ABSTRAK
Jalan raya adalah jalur-jalur tanah di atas permukaan bumi yang dibuat oleh manusia dengan bentuk, ukuran-ukuran dan jenis konstruksinya sehingga dapat digunakan untuk menyalurkan lalu lintas orang, hewan dan kendaraan yang mengangkut barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dan cepat.
Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Sragen-Tangen dengan panjang jalan + 3,00 km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu tiap 50 m. Kemudian, tiap segment jalan dilakukan pengamatan dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada dan melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI.
Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas (LHR) dan daya dukung tanah (CBR), maka perlu dilakukan peningkatan struktur jalan menggunakan perkerasan kaku, dengan umur rencana yaitu 20 tahun. Perkerasan menggunakan beton K-350 (fc’ 30 Mpa) sebagai tebal pelat beton dengan ketebalan 20 cm, dan perkerasan lama ( eksisting ) digunakan sebagai lapis pondasi. selain itu menggunakan skema penulangan BBTT ( Beton Bersambung Tanpa Tulangan).
Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha peningkatan struktur jalan ruas Sragen-Tangen KM 0+000 – 3+000 tahun 2017 adalah Rp. 9.621.090.000, 00 dan direncanakan waktu pelaksanaan selama 5 bulan.
Kata kunci : Pavement Condition Index (PCI), Perkerasan Kaku, RAB.

 

×
Penulis Utama : Sulung Apriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8213028
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi perkerasan jalan, peningkatan struktur jalan dengan perkerasan kaku beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) ruas jalan Sragen – Tangen KM 0+000 – 3+000
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil-I8213028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lydia Novitriana N.H, S.T, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.