Penulis Utama : Fakhri Fakhrur Rozy
NIM / NIP : S841802011
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh keterampilan menulis teks ulasan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning, (2) Perbedaan pengaruh keterampilan menulis teks ulasan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, (3) Adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Posing Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks ulasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kelas VIII kota Cilacap. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa SMP Negeri 4 Cilacap sebagai kelas eksperimen model pembelajaran Problem Posing Learning, 30 siswa SMP Negeri 6 Cilacap sebagai kelas kontrol model pembelajaran Problem Based Learning, dan 60 siswa SMP Negeri 7 Cilacap sebagai kelas uji coba. Instrumen yang digunakan berupa teknik tes. Uji validitas tes keterampilan menulis teks ulasan berupa validitas isi dan uji validitas tes kemampuan berpikir kritis berupa validitas konsep. Uji reliabilitas tes keterampilan menulis teks ulasan menggunakan reliability ratings dan uji reliabilitas tes kemampuan berpikir kritis menggunakan alpha cronbach. Pengujian prasyarat meliputi uji normalitas Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varian dua jalur (two way anova).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan menulis teks ulasan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing Learning dan yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,002 pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat perbedaan pengaruh keterampilan menulis teks ulasan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,004 pada taraf signifikansi 5%. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Posing Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap keterampilan menulis teks ulasan. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,990 pada taraf signifikansi 5%.

Kata Kunci : Menulis Teks Ulasan, Problem Posing Learning, Problem Based Learning,
Kemampuan Berpikir Kritis

×
Penulis Utama : Fakhri Fakhrur Rozy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841802011
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Model Problem Posing Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa SMP Kota Cilacap Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841802011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd.
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, M. Hum, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.