Penulis Utama : Aditya Dwi Jayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1815002
Tahun : 2017
Judul : Strategi Pengembangan Usaha Kecap (Studi Kasus Perusahaan Kecap Miroso di Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H1815002-2018
Subyek : KECAP, PENGEMBANGAN USAHA, UMKM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Indonesia merupakan negara yang berbasiskan pertanian yang memiliki potensi dalam sektor tanaman pangan. Komoditas itu meliputi Padi, Jagung dan Kedelai. Perusahaan Kecap Miroso di Kabupaten Klaten adalah perusahaan yang mengolah kedelai menjadi kecap. Dalam menjalankan usaha perusahaan memerlukan strategi pengembangan agar usaha yang dijalankan dapat berhasil. Pengembangan  usaha  merupakan  proses  perubahan  secara  positif  dari  segi kualitas dan kuantitas pada usaha kecap. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi  faktor  internal eksternal, merumuskan alternatif strategi serta menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan perusahaan kecap Miroso di Kabupaten Klaten.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja  (purpossive) di Perusahaan Kecap Miroso Kabupaten Klaten. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan pencatatan. Sumber informasi berasal dari key informan meliputi pemilik perusahaan, karyawan di bagian produksi, dinas pertanian, badan pusat statistik, diskoperindagkop dan UMKM, pesaing, pemasok bahan baku, dan konsumen. Metode analisis data menggunakan analisis (1) Matriks IFE dan Matriks EFE, (2) Matriks SWOT Kuantitatif, (3) Matriks QSP.
Hasil penelitian menunjukkan: Strategi pengembangan perusahaan kecap Miroso di Kabupaten Klaten berdasarkan nilai dari Matriks IFE dan EFE memiliki nilai kekuatan utama yaitu 0,4404 Perusahaan sudah memiliki pelanggan tetap khusus nya pelaku industri kuliner, kelemahan utama 0,1346 Tidak ada peningkatan mutu SDM. Peluang utama yaitu 0,5212 Kecap diterima oleh semua kalangan, dan ancaman utama 0,2226 Harga kecap yang ditawarkan lebih mahal dari perusahaan kecap lain nya.
Berdasarkan Matriks SWOT dihasilkan alternatif strategi yaitu (1) peningkatan mutu SDM melalui pelatihan guna menjaga kualitas produk, (2) diversifikasi kemasan produk kecap ke kemasan sachet guna menambah segmen pasar baru pada konsumen rumah tangga, (3) menetapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam menjalankan proses produksi guna menjaga kualitas kecap yang dihasilkan, (4) pemasaran kecap ke wilayah yang baru guna meningkatan kuantitas penjualan yang berdampak pada peningkatan omset perusahaan. Matriks QSP menghasilkan prioritas strategi yaitu diversifikasi kemasan produk kecap ke kemasan sachet guna menambah segmen pasar baru pada konsumen  rumah  tangga.  Saran  yang diberikan untuk  perusahaan  kecap Miroso  yaitu  membuat  diversifikasi  kemasan  sachet  guna  menambah  segmen pasar baru pada konsumen rumah tangga dalam pemasaran kecap, perusahaan kecap Miroso melakukan pelatihan untuk karyawan guna meningkatkan kualitas karyawan dan menjaga kualitas kecap yang dihasilkan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suprapti Supardi, M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian