Penulis Utama : Ahmad Abdul Aziz
NIM / NIP : K1513005
×

Abstrak

Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan implementasi  lesson study, (2) Mendeskripsikan hasil analisis karakteristik gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik siswa melalui implementasi lesson study, (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa berdasarkan gaya belajar siswa melalui implementasi lesson study.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui lesson study. Penelitian ini diaksankan 2 pertemuan, setiap pertemuan terdapat tahapan-tahapan berupa plan (tahap perencanaan), do (tahap pelaksanaan), dan see (tahap refleksi). Subjek   penelitian adalah siswa kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Data diperoleh melalui lembar pengamatan (ranah afektif, piskomotorik, dan gaya belajar), angket gaya belajar, tes kognitif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data.
Kesimpulan penelitian adalah: (1) Implementasi lesson study dimulai dengan plan (tahap perencanaan) direncanakan dengan membuat future mapping sebagai landasan membuat lesson design, do (tahap pelaksanaan) dilaksanakan sesuai dengan lesson design, dan see (tahap refleksi) mengevaluasi tahap do dengan cara sharing pendapat. (2) Hasil gaya belajar siswa yang didapat adalah gaya belajar visual (41%), kinestetik (24%), visual-auditorial (17%), auditorial-kinestetik (10%), visual-kinestetik (4%), auditorial (4%). (3) Hasil belajar siswa berdasarakan gaya belajar siswa model pembelajaran kooperatif Two Stray Two Stay yang sudah tuntas berjumlah 13 siswa (45%), diantaranya 7 siswa dengan gaya belajar visual, 3 siswa dengan gaya belajar kinestetik, dan 3 siswa lainnya dengan gaya belajar campuran. Sedangkan model pembelajaran kooperatif Group Ivestigation yang sudah tuntas berjumlah 16 siswa (55%), diantaranya 7 siswa dengan gaya belajar visual, 4 siswa dengan gaya belajar kinestetik, 5 siswa lainnya dengan gaya belajar campuran.

Kata Kunci : Lesson study, Gaya belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik, Hasil belajar

×
Penulis Utama : Ahmad Abdul Aziz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1513005
Tahun : 2019
Judul : Analisis Gaya Belajar Siswa Visual, Auditorial, Kinestetik (VAK) Melalui Lesson Study (Studi Kasus di SMKN 2 Surakarta Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti Tahun Pelajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan teknik Bangunan-K1513005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sumarni S.T.,M.T.
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto S.T.,M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.