Penulis Utama : Yohan Erviantina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis usaha tani stroberi ditinjau dari segi keuntungan dan daya saing produk di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0300076-2004
Subyek : EKONOMI PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, dan keuntungan usahatani stroberi, menganalisis tingkat efisiensi usahatani stroberi, serta menganalisis daya saing buah stroberi di Kabupaten Karanganyar.

Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Sedangkan metode pemilihan daerah sampel menggunakan metode purposive sampling. Daerah yang terpilih adalah Kelurahan Kalisoro karena daerah ini merupakan sentra usahatani stroberi di Kabupaten Karanganyar. Metode pengambilan petani sample menggunakan metode snowball dengan jumlah petani sampel sebanyak 30 orang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pencatatan.

Biaya untuk pengadaan bibit dan upah tenaga kerja merupakan biaya yang terbesar, sedangkan biaya untuk pengadaan pestisida merupakan biaya terendah. Besar total biaya usahatani stroberi adalah Rp 185.022.756,00 per hektar. Penerimaan usahatani stroberi sebesar Rp 238.417.538,00 per hektar, sehingga keuntungan yang dapat diperoleh petani stroberi di Kabupaten Karanganyar sebesar Rp 16.897.116,00 per hektar.

R/C ratio merupakan alat analisis untuk mengetahui tingkat efisiensi ekonomi usahatani. Apabila R/C ratio lebih dari satu maka suatu usahatani telah diusahakan secara efisien. Dari hasil penelitian diperoleh nilai R/C ratio usahatani stroberi di Kabupaten Karanganyar sebesar 1,29 atau lebih dari satu, yang berarti usahatani stroberi di daerah tersebut sudah diusahakan secara efisien.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa MC stroberi lebih kecil dari harga buah stroberi di tingkat petani maupun harga stroberi di tingkat pasar Kabupaten Karanganyar. Hal ini menunjukkan bahwa daya saing buah stroberi tinggi, yang berarti petani stroberi dapat menerima tambahan hasil yang besar dari penambahan biaya yang relatif kecil tiap satuan luas tanam yang ada.

Saran dari penelitian ini adalah petani diharapkan tetap membudidayakan tanaman stroberi dengan mempertahankan cara pengelolaan usahatani yang telah dilakukan karena usahatani stroberi di Kabupaten Karanganyar menguntungkan dan sudah efisien. Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang usahatani stroberi di daerah tersebut untuk usaha pengembangan di masa yang akan datang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Surahman, MS
2. Ir. Heru Irianto, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian