Penulis Utama : Septian Tri Kristianto
NIM / NIP : I8114038
×

ABSTRAK
Pengolahan salah satu hasil pertanian yaitu kemiri biasanya digunakan dengan cara tradisional yang memiliki kerugian-kerugian seperti kerugian waktu dan produktifitas yang rendah. Perlu dicari solusi yang tepat untuk mengatasi kerugian-kerugian tersebut. Tujuan dari proyek akhir ini adalah pembuatan Mesin pemecah cangkang biji kemiri ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas dalam proses pengolahan kemiri sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan para petani kemiri.
Pembuatan alat ini dimulai dengan melakukan pengamatan mesin pemecah cangkang biji kemiri. Tahap selanjutnya adalah perencanaan yaitu meliputi, perencanaan gambar dan perhitungan untuk menentukan komponen yang akan dipergunakan. Tahap terakhir adalah proses pembuatan dan perakitan.
Berdasarkan hasil perancangan Mesin pemecah cangkang biji kemiri, hasilnya adalah cangkang biji kemiri yang sebelumnya sudah dijemur di bawah sinar matahari selama ± 4 hari (penciutan isi dalam) akan terpecah dan terpisah dari isi dalamnya. Mesin pemecah kulit kemiri menggunakan poros diameter 25 mm untuk menopang pisau pemukul berputar sebagai alat pemecah. Sumber penggerak utama yang digunakan pada alat ini adalah motor listrik 1 HP.
Kata kunci : MESIN PEMECAH CANGKANG BIJI KEMIRI, POROS, PEMUKUL.

×
Penulis Utama : Septian Tri Kristianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8114038
Tahun : 2017
Judul : Perancangan dan pembuatan poros pada mesin pemecah cangkang biji kemiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin-I8114038 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nurul Muhayat, S.T., M.T.,
2. Purwadi Joko Widodo, S.T., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.