Penulis Utama : Tommy Arbianzah
NIM / NIP : I8316055
×

ABSTRAK

Minyak dan lemak merupakan salah satu senyawa yang dapat diperoleh di alam. Kandungan trigliserida yang terdapat didalamnya dapat diolah menjadi berbagai jenis produk dengan melalui beberapa tahapan proses. Minyak goreng bekas adalah minyak makan nabati yang telah digunakan untuk menggoreng dan biasanya dibuang setelah warna minyak berubah menjadi coklat tua. Oleh karena itu perlu pengolahan minyak goreng menjadi produk yang bernilai jual, misalnya lilin. Tujuan dari percobaan ini adalah menentukan pengaruh penambahan crude gliserol hingga menghasilkan lilin yang tahan lama.
Proses pembuatan lilin terdiri dari proses esterifikasi minyak jelantah sebanyak 100 mL dan menggunakan metanol 120 mL dengan katalis NaOH 0,8 gram dengan temperatur 30?C selama 45 menit disertai dengan pengadukan. Pemisahan crude biodiesel dengan crude gliserol dengan cara didiamkan selama 12 jam, pemanasan crude gliserol yang terbentuk dengan suhu 70?C selama 1-2 jam untuk menghilangkan kandungan metanol. Hasil crude gliserol yang didapat sebanyak 20 mL. Pembuatan lilin dengan parafin dan asam stearat dengan perbandingan masing-masing 6 gram : 24 gram serta dilakukan penambahan crude gliserol dengan variasi berat 3 gram, 3,25 gram, 3,5 gram, dan 5 gram.
Pengujian yang dilakukan meliputi uji waktu bakar lilin, uji tinggi nyala api dan uji titik leleh. Komposisi sampel yang paling optimal untuk menghasilkan lilin dengan waktu bakar yang lama adalah sampel dengan perbandingan asam stearat, parafin, dan crude gliserol masing-masing 24 : 6 : 3,5 gram.

 

×
Penulis Utama : Tommy Arbianzah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8316055
Tahun : 2019
Judul : Pembuatan lilin dari parafin, asam stearat dan crude gliserol dari alkoholisis minyak jelantah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Tehnik, Program Studi D III Teknik Kimia-I8316045-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Ardiana Setyawardhani, S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.