Penulis Utama : Rizky Sunansyah Hanugroho
NIM / NIP : F1114036
×

ABSTRAK

ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM SATU ARAH PADA JALAN DR. RADJIMAN TERHADAP PEREKONOMIAN PEDAGANG DI JALAN DR. RADJIMAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA

Rizky Sunansyah Hanugroho
F1114036
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Sebelas Maret

 


Manajemen dan rekayasa lalu lintas dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggunaan jaringan jalan guna meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan, dengan ruang lingkup seluruh jaringan jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten/ kota dan jalan desa yang terintegrasi, dengan mengutamakan hirarki jalan yang lebih tinggi. Salah satu implementasi majememen dan rekayasa lalu lintas di Kota Surakarta berupa penerapan jalan satu arah yang diterapkan pada pusat kota pada kelas jalan arteri, jalan kolektor dan jalan lokal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh yang ditimbulkan akibat pemberlakukan Sistem Satu Arah pada ruas Jalan dr. Radjiman terhadap perekonomian Pedagang di jalan dr. radjiman Surakarta, dan 2) mengetahui tanggapan pedagang pada ruas Jalan dr. Radjiman khususnya pada faktor ekonomi pedagang Laweyan Surakarta.
Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  mempunyai  ciri  bahwa metode ini memusatkan diri pada pemecahan-pemecahan masalah yang ada pada masa  sekarang,  masalah-masalah  yang  aktual,  dan  data  yang  dikumpulkan disusun, dijelaskan, dan dianalisis, dengan pelaksanaan penelitian menggunaka metode survey.
Hasil penelitian menunjukkan adanya  penurunan jumlah pembeli setelah pemberlakuan Sistem Satu Arah dan pedapatan pedagang menurun setelah pemberlakuan Sistem Satu Arah. Selain itu dari hasil analisis uji t didapat bahwa terdapat perbedaan pendapatan, jumlah pembeli, dan omzet pedagang pada ruas Jalan dr. Radjiman sebelum dan sesudah pemberlakuan Sistem Satu Arah.

Kata Kunci : Pendapatan pedagang, Sistem Satu Arah

 

×
Penulis Utama : Rizky Sunansyah Hanugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1114036
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Penerapan Sistem Satu Arah pada Jalan dr. Radjiman terhadap Perekonomian Pedagang di Jalan dr. Radjiman Laweyan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. EB-Prog. Ekonomi Pembangunan-F1114036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hery Sulistio Jati Nugroho S., S.E., M.S.E
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.