Penulis Utama : Siti Asiyah
NIM / NIP : K7114169
×

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan metode Guided Note Taking dengan media grafis, 2) meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN 1 Mangunweni, 3) mendeskripsikankendala dan solusi dalam penerapan metode Guided Note Taking dengan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia pada Siswa Kelas V di SDN 1 Mangunweni.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilaksanakan  dalam  tiga  siklus  dengan  lima  kali  pertemuan.Setiap  pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Mangunweni tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara kualitaitf dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) langkah penerapan metode Guided Note Taking dengan media grafis yaitu: a) pembagian lembar catatan, b) penyampaian materi dan pembimbingan pengisian lembar catatan ddedngan media grafis, c) pembacaan hasil catatan, d) klarifikasi terhadap hasil catatan, dan e) evaluasi, 2) penerapanmetode Guided Note Taking dengan media grafis dapat meningkatkan hasil  belajar  IPS  dibuktikan  dengan  ketuntasan  hasil  belajar  IPS  pratindakan
52,38%, meningkat di siklus I 66,7%, meningkat di siklus II menjadi 85,4% dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 91,7%. 3) kendala dalam penelitian ini yaitu: a)Ada beberapa siswa yang membuat gaduh saat guru menyampaikan pembelajaran, b) siswa kesulitan mengisi lembar catatan, dan c) siswa kurang percaya diri untuk maju kedepan kelas membacakan hasil catatannya. Solusi dari kendala tersebut yaitu: a) Guru mengingatkan siswa yang membuat gaduh, b) Guru membimbing siswa yang kesulitan mengisi lembar catatan,  dan c) guru memberikan penghargaan bagi siswa yang bersedia maju kedepan kelas.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Guided Note Taking dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajarIPS tentang peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia.

Kata kunci:   metode Guided Note Taking, grafis, peningkatan hasil belajar, IPS

×
Penulis Utama : Siti Asiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114169
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Metode Guided Note Taking Dengan Media Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Peninggalan Sejarah Yang Bercorak Hindu- Budha Di Indonesia Pada Siswa Kelas V Di SDN 1 MANGUNWENI
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi PGSD-K7114169-2019
Kata Kunci : metode Guided Note Taking, grafis, peningkatan hasil belajar, IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M. Pd.
2. Drs. M. Chamdani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.