Penulis Utama : Herlina Kusuma Wardani
NIM / NIP : S441708009
×

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) Latar sosial pengarang lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya; (2) Latar sosial yang terdapat dalam lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya; (3) Tanggapan pembaca berdasarkan latar sosial yang terdapat dalam lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya; dan (4) Nilai pendidikan dalam dalam lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya. 
Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data berupa dokumen dan informan. Sumber data dokumen adalah transkrip pementasan lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya dan informan, yang terdiri dari pengarang, pakar sastra, guru bahasa Jawa, serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.. 
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Latar sosial pengarang lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya meliputi, latar belakang keluarga pengarang, perjalanan karir pengarang, ideologi pengarang; 2) Latar sosial lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya meliputi, agama dan kepercayaan, suku, adat dan kepercayaan, pekerjaan, bahasa, dan tempat tinggal; 3) Tanggapan embaca berdasarkan latar sosial yang terdapat lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya ialah cerita yang ditampilkan merupakan cermin sosial dan relevan di jaman sekarang; dan 4) Nilai pendidikan lakon ludruk Tragedi Kebun Tebu karya Cak Edy Karya adalah nilai pendidikan moral yang menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan dirinya sendiri.</p>

Kata kunci : sosiologi sastra, ludruk, nilai pendidikan </p>

×
Penulis Utama : Herlina Kusuma Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441708009
Tahun : 2020
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Lakon Ludruk “Tragedi Kebun Tebu” Karya Cak Edy Karya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi : 88 p.; ilus.; tab.; bib.' 28 cm
Sumber : UNS-Pascasarjana, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah-S441708009-2020
Kata Kunci : sosiologi sastra, ludruk, nilai pendidikan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.