Penulis Utama : Wahyu Retnoningsih
NIM / NIP : K7115187
×

Tujuan penelitian  ini yaitu: (1) mendeskripsikan  penerapan  model inkuiri terbimbing  dengan  multimedia  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  IPA  tema  6 tentang panas dan perpindahannya;  (2) meningkatkan  hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya  pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kebulusan tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan   dalam   tiga   siklus.   Setiap   siklus   terdiri   dari   4   tahap   yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Kebulusan tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 27 orang siswa. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa hasil  observasi  dan  wawancara  tentang  penerapan  model  inkuiri  terbimbing dengan multimedia dan data kuantitatif berupa nilai tes evaluasi. Teknik pengumpulan   data   yang  digunakan   adalah   observasi,   wawancara,   dan   tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model
inkuiri terbimbing dengan multimedia dalam penelitian ini meliputi: (a) orientasi dengan media power point text; (b) konseptualisasi dengan media power point text dan gambar/video;  (c) investigasi  dengan bantuan media kongkret;  (d) menarik simpulan;  dan (e) mendiskusikan  hasil dengan power point text; (2) penerapan model  inkuiri  terbimbing  dengan  multimedia  dapat  meningkatkan  hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya yang dilihat dari peningkatan persentase  ketuntasan  siswa  dari  75,93%  pada  siklus  I,  siklus  II  meningkat menjadi   85,19%,   siklus  III  meningkat   menjadi   92,59%.   (3)  Kendala  pada penerapan   model  inkuiri   terbimbing   dengan  multimedia   yaitu  siswa  masih kesulitan mendiskusikan hasil pengetahuannya. Adapun solusinya adalah guru memberikan stimulus dengan cara memfokuskan siswa pada kegiatan diskusi dan meminta setiap kelompok untuk berpartisipasi aktif baik bertanya maupun menanggapi saat diskusi berlangsung.
Simpulan dalam penelitian  ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing dengan multimedia  dapat meningkatkan  hasil belajar IPA tema 6 tentang panas dan perpindahannya  pada  siswa  kelas V SD Negeri  1 Kebulusan  tahun  ajaran
2018/2019.


Kata Kunci: model, inkuiri terbimbing, multimedia, hasil belajar, IPA

×
Penulis Utama : Wahyu Retnoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115187
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 6 Tentang Panas Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kebulusan Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi PGSD-K7115187-2019
Kata Kunci : model, inkuiri terbimbing, multimedia, hasil belajar, IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd
2. Drs. Muh Chamdani, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.