Penulis Utama : Endang Sri Wahyuni
NIM / NIP : H3516013
×

ABSTRAK

 

Timun (Cucumis sativus) mengandung vitamin A, vit B1, vit B2, vit C, fosfor, kalium dan kalsium. Kandungan tersebut telah diteliti merupakan senyawa-senyawa yang mampu menutrisi kulit kepala dan rambut. Selain timun, terdapat lidah buaya yang banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada produk perawatan rambut. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memilik kandungan yang bermanfaat bagi rambut diantaranya vitamin A hingga E yang mampu mengurangi kerontokan pada rambut, kandungan polisakarida yang mampu membuat rambut menjadi lebih lembut dan asam amino yang mampu mengatasi terjadinya ketombe. 

HI-VIT merupakan produk vitamin rambut yang berbahan dasar ekstrak timun dan ekstrak lidah buaya. Tahap produksi HI-VIT meliputi penyiapan alat dan bahan, pembuatan ekstrak timun, pembuatan ekstrak lidah buaya, pencampuran bahan-bahan tambahan (menthol, fenoksietanol, propilen glikol, parfum dan aquades). Khasiat yang diunggulkan dari produk HI-VIT ini adalah membantu mengatasi rambut kusam, bau, lepek dan susah diatur. Pemasaran produk HI-VIT ini dilakukan secara langsung dengan metode face to face dan secara tidak langsung dengan menggunakan sosial media berupa Whatsapp dan Instagram. Biaya yang diperlukan untuk sekali produksi HI-VIT adalah sebesar Rp. 322.550,- dengan harga jual Rp. 10.000,- per produk (60 ml). Keuntungan yang diperoleh dalam sekali produksi HI-VIT (sebanyak 40) adalah sebesar Rp. 77.450,-. Usaha pembuatan vitamin rambut HI-VIT ini memiliki nilai R/C sebesar 1,24 dan B/C sebesar 0,24 dimana dengan nilai R/C dan B/C tersebut membuktikan bahwa usaha ini layak dijalankan.

×
Penulis Utama : Endang Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3516013
Tahun : 2019
Judul : Produksi “HI-VIT” sebagai Spray penutrisi rambut dengan ekstrak timun (Cucumis sativus) dan lidah buaya (Aloe vera)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : D-3 Agribisnis Agrofarmaka
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. DIII Agribisnis Agrofarmaka-H3516013-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Ir. Ato Sulistyo, M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.