Penulis Utama : Khoirina Alifa
NIM / NIP : C0513025
×

Penulisan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Latar belakang berdirinya industri tas SINTAK, (2) perkembangan industri tas SINTAK dan (3) Faktor Pendorong dan Penghambat Perkembangan Industri tas SINTAK di Desa Truko.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  historis,  sehingga  langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber baik intern maupun   ekstern,   interpretasi   dan   historiografi.   Proses   pengumpulan   data bersumber dari dokumen internal Paguyuban Pengusaha SINTAK, Dokumen dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal, wawancara kepada para pengusaha, serta pengumpulan data dari surat kabar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri tas di Desa Truko muncul dari adanya ide satu orang, H. Subkan, yang pernah bekerja menjadi buruh pabrik tas di Jakarta, yang ingin mendirikan usaha yang belum ada di Kabupaten Kendal. Perkembangan industri ini menjadi berkembang dengan munculnya paguyuban pengusaha yang bernama Paguyuban SINTAK. Paguyuban ini menjadi penghubung   bagi   Pemerintah   Kabupaten   Kendal   dengan   pengusaha   yang bertujuan untuk mengembangkan lebih besar industri ini. Dengan adanya industri ini membawa banyak perubahan bagi masyarakat Desa Truko dalam berbagai macam aspek.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah industri tas Desa Truko dilatarbelakangi oleh ide H. Subkhan untuk menciptakan suatu usaha yang belum ada di Desa Truko. Perkembangan industri tersebut juga tidak lepas dari faktor penghambat berupa keengganan generasi tua untuk mengembangkan industri,  namun  menjadi  faktor  pendorong  berupa  etos  kerja  dan  semangat generasi muda untuk lebih berkembang. Dari adanya industri tersebut menimbulkan banyak pengaruh yang akhirnya mengubah tatanan kehidupan sosial ekonomi dan pembangunan bagi masyarakat Desa Truko.

×
Penulis Utama : Khoirina Alifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513025
Tahun : 2018
Judul : Sentra Industri Tas Kendal (SINTAK) Di Desa Truko, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah Tahun 1997-2010
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0513025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini. W.W
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.