Penulis Utama : Rohmah Suciningrum
NIM / NIP : S031708020
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta  didik dan guru terhadap media teka-teki silang berbasis ICT pada pembelajaran tematik subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” Kelas IV SD Kabupaten Wonogiri; (2) mengembangkan media teka-teki silang berbasis ICT pada pembelajaran tematik subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku”; (3) mengetahui keefektifan penggunaan media teka-teki silang berbasis ICT pada pembelajaran tematik subtema “Indahnya Keragaman Budaya Negeriku” bagi kelas IV SD Kabupaten Wonogiri.  Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menurut Sukmadinata  yang terdiri atas tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian produk. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, data dokumen, dan tes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data secara kualitatif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Adapun data pada tahap pengujian produk dilakukan secara kuantitatif menggunakan Independent Sample t-tes. 
Hasil penelitian ini adalah: (1) pada tahap studi pendahuluan diketahui spesifikasi media pembelajaran yang dibutuhkan oleh peserta didik dan guru dalam pembelajaran tematik, bersifat interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan perkembangan abad ke-21. Kebutuhan ini mengarah pada teka-teki silang interaktif berbasis ICT yang akan dikembangkan; (2) pada tahap  pengembangan, diperoleh media teka-teki silang berbasis ICT yang layak digunakan sesuai dengan pandangan ahli dan pengguna; (3) pengujian keefektifan produk Teka-Teki Silang berbasis ICT untuk pembelajaran tematik dengan membandingkan hasil posstest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji efektifitas diperoleh t hitung  7,402  yang nilainya lebih besar dari t   yaitu 2,026. Bertolak dari hasil uji, maka keputusannya H 0 vii tabel ditolak. Hasil rerata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, diketahui bahwa nilai rerata posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol  (85,455>69,524). Sehingga dapat diketahui bahwa media Teka-Teki Silang berbasis ICT lebih efektif dibandingkan media  powerpoint. 

Kata kunci: media teka-teki silang, ICT, pembelajaran tematik

×
Penulis Utama : Rohmah Suciningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708020
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Teka-Teki Silang Berbasis ICT Pada Pembelajaran Tematik Bagi Peserta Didik Kelas IV SD Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 122 p.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm
Sumber : UNS-Pascasarjana, Program Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031708020-2020
Kata Kunci : media teka-teki silang, ICT, pembelajaran tematik
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St.Y.Slamet, M.Pd.
2. Dr. Hartono, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.