Penulis Utama : Siswarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T501108012
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Terapi Latihan New Bobath Concept Terhadap Perubahan Kadar Glutamat Dan Brain Derived Neurotrophic Factor (Bdnf) Pada Anak Penderita Palsi Serebral Spastik Diplegia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pascasarjana Prog. Sains Kedokteran-T501108012-2018
Subyek : NEW BOBATH CONCEPT, BDNF, PLASTISITAS OTAK
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar Belakang. Pada Palsi serebral didapatkan kerusakan pada konteks serebri. Latihan New Bobath Concept didasarkan pada teori plastisitas otak yaitu dengan metode pembelajaran yang akan menghasilkan perubahan kualitas pergerakan motorik yang lebih baik. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi latihan New Bobath Concept terhadap Neurotrofin BDNF dan perubahan kualitas pergerakan motorik.

Subyek dan Metode. Desain studi experimental randomized controlled trial, dengan populasi sasaran pasien palsi serebral di YPAC dan Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta yang berusia antara 2 sampai dengan 8 tahun. Variabel dependen adalah Glutamat, Spastisitas, BDNF, dan kualitas pergerakan motorik, sedangkan variabel independen adalah latihan New Bobath Concept. Cara mengukur variabel dan metoda analisis data dengan mengukur Glutamat, Spastisitas, Glutamat dan BDNF perifer pre dan post latihan 8 minggu, menggunakan sampel darah dengan metode Elisa. Pengukuran spastisitas dengan levelisasi dari Asworth Scale. Pengukuran kualitas pergerakan motorik dengan levelisasi dan skoring menurut pedoman dari New Bobath Concept.

Hasil-hasil. Didapatkan perubahan yang bermakna dengan analisa T-Test untuk perubahan Glutamat antara pasien latihan New Bobath Concept dengan kelompok kontrol (Mean = -4.97, SD = 7.752, p = 0.011). Perubahan BDNF antara pasien setelah terapi latihan New Bobath Concept dengan kelompok kontrol (Mean = -5.969, SD = 5.086, p = 0,001). Uji Chi Square Test didapatkan perubahan yang bermakna untuk spastisitas antara kelompok New Bobath Concept dengan kelompok kontrol (p = 0.07). Uji Mann-Whitney Test didapatkan perbedaan yang bermakna pada kualitas pergerakan motorik antara level motorik kelompok New Bobath Concept dengan kelompok kontrol (Mean = -22.35, SD = 10.326, p = 0.006).

Kesimpulan. Terdapat penurunan kadar glutamat pada anak yang diberikan terapi New Bobath Concept, juga didapatkan kenaikan kadar BDNF secara bermakna pada anak dengan Palsi serebral setelah mendapat terapi latihan New Bobath Concept selama 8 minggu. Selain itu, juga didapatkan penurunan spastisitas dan peningkatan kualitas pergerakan motorik pada anak yang diberikan terapi New Bobath Concept.

Kata kunci: New Bobath Concept, BDNF, Plastisitas Otak

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : COVER.pdf
BAB_I.pdf
BAB_II.pdf
BAB_III.pdf
BAB_IV.pdf
DAPUS.pdf
Lemb Publikasi.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Harsono Salimo, dr, SpA (K),
2. Prof. Dr. Angela B. M. Tulaar, dr. Sp.KFR (K),
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana