Penulis Utama : Tri Angga Dewanti
NIM / NIP : F1215054
×

ABSTRAK
Bank sebagai lembaga perantara keuangan dalam menjalankan kegiatan usahanya diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Pentingnya fungsi dan peranan perbankan syariah di Indonesia, maka pihak bank syariah perlu meningkatkan kinerjanya agar tercipta perbankan dengan prinsip syariah yang sehat dan efisien dengan salah satu acuannya adalah profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh BOPO, NPF, CAR dan FDR terhadap ROA bank syariah di Indonesia. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 7 bank umum syariah di Indonesia pada tahun 2012 hingga 2015. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Untuk menganalisis data menggunakan alat bantu software SPSS.
Dari hasil uji hipotesis, BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional dan NPF (Non Performing Finance) menunjukkan pengaruh signifikan negatif terhadap ROA bank syariah, CAR (Capital Adequency Ratio) tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap ROA bank syariah, dan FDR (Financing to Deposit Ratio) berpengaruh signifikan positif terhadap ROA bank syariah di Indonesia. Untuk uji F, dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh serentak (bersama-sama) antara semua variabel yang diuji (BOPO, NPF, CAR, FDR) terhadap ROA bank syariah di Indonesia.

Kata kunci : Profitabilitas, BOPO, NPF, CAR, FDR, Bank Syariah

 

×
Penulis Utama : Tri Angga Dewanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1215054
Tahun : 2017
Judul : Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia (Studi pada bank syariah yang terdaftar di Bank Indonesia periode 2012-2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Studi Manajemen - F1215054¬-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra.Ig. Sri Seventi P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.