Penulis Utama : Amelia Veronica Cahyani
NIM / NIP : B3316004
×

ABSTRAK

Penulisan tugas akhir ini dilatarbelakangi karena selama menjalani kegiatan magang di Metro Xinwen, penulis sering menemukan kru di produksi berita yang mengalami kesulitan saat akan mengedit berita karena kesalahan reporter saat mengucapkan lafal dan nada dalam berita berbahasa Mandarin


Sesuai naskah yang ada, kesalahan yang dilakukan reporter saat mengucapkan lafal dan nada hanya terjadi pada dua atau tiga kata. Namun, kesalahan tersebut dapat berdampak pada arti yang terkandung dalam berita yang diliput bahkan dapat menyebabkan kualitas penayangan berita. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat tugas akhir berjudul “Analisis Kesalahan Pengucapan dan Pelafalan Reporter pada Proses Voice Over Program Acara Metro Xinwen Metro TV”.


Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan lafal dan nada yang secara tidak sengaja dilakukan oleh seorang reporter berbahasa Mandarin saat meliput berita dan pemecahan masalahnya.


Metode yang digunakan penulis selama proses penulisan tugas akhir ini adalah metode observasi dan wawancara kepada reporter berbahasa Mandarin di Metro Xinwen.


Berdasarkan pengalaman selama magang, hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan penulis, penulis menyimpulkan bahwa pengecekan nada dan pelafalan di lokasi liputan dan melakukan re-take adalah metode yang efektif untuk mengatasi kesalahan reporter dalam mengucapkan lafal dan nada, metode ini merupakan metode yang paling aman untuk tetap menjaga kualitas penayangan berita.


Kata Kunci : Reporter, Pelafalan, Bahasa Mandarin, Kesalahan

×
Penulis Utama : Amelia Veronica Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3316004
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesalahan Pengucapan dan Pelafalan Reporter pada Proses Voice Over Program Acara Metro Xinwen Metro Tv
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Studi Bahasa Mandarin-B3316004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristina Indah Setyo Rahayu, B.Ed., M.TCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.