Penulis Utama : Yuli Rahma Arbasari
NIM / NIP : C0112065
×

ABSTRAK


Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu : (1) struktur yang membangun cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat berdasarkan teori fiksi Robert Stanton; (2) Problem sosial dalam cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon; (3) tanggapan pengarang mengenai problem sosial dalam cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon. Penelitian ini menggunakan pendekatan   Struktural   sebagai   dasar,   kemudian   menggunakan   pendekatan sosiologi sastra untuk meninjau lebih lanjut.
Tujuan penelitian ini antara lain : (1) mendeskripsikan unsur struktural yang membangun cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat berdasarkan  teori  struktural  Robert  Stanton;  (2)  mendeskripsikan  problem- problem  sosial  dalam  cerbung  Kaya  Kenthang  Ginawe  Rawon  karya  Imam Hidayat  (3)  mendeskripsikan  sikap  pengarang  menanggapi  problem-problem sosial dalam cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat.
Landasan teori penelitian ini adalah pengertian cerita bersambung, teori struktural Robert Stanton yang meliputi meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, serta ironi), teori problem sosial Soerjono Soekanto,  teori sosiologi sastra.
Manfaat teoretis dari penelitian ini, diharapkan mampu memperkaya khazanah ilmu sebuah model penelitian karya sastra. Manfaat praktis, diharapkan membantu pembaca dan peneliti lain dalam memahami tentang isi cerita bersambung mengenai aspek perjuangan, kegigihan, kesabaran, dan kemandirian, yang dapat menjadi tuntunan bagi pembaca dan masyarakat luas.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan teknik deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat yang diterbitkan oleh majalah Jaya Baya 2014 dan pengarang. Data dalam penelitian ini berupa isi teks cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat dan hasil wawancara dengan pengarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan content analysis dan wawancara dengan pengarang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1) secara keseluruhan cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon karya Imam Hidayat menunjukkan kesatuan yang utuh. Unsur-unsur struktural saling terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah; (2) berdasarkan tinjauan dari problem-problem sosial yang terjadi, tokoh Wakhid mengalami beberapa bentuk problem-problem sosial berupa : pengangguran, kerusakan lingkungan, renternir dan percintaan (3) dilihat dari aspek sosiologi sastra, mengungkapkan sikap pengarang menanggapi problem- problem sosial dalam cerbung Kaya Kenthang Ginawe Rawon.

Kata Kunci : Cerita Bersambung, Problem-problem Sosial, Sosiologi Sastra

 

×
Penulis Utama : Yuli Rahma Arbasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112065
Tahun : 2017
Judul : Problem-Problem Sosial dalam Cerita Bersambung Kaya Kenthang Ginawe Rawon Karya Imam Hidayat (Kajian Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi Sastra Daerah- C0112065-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi W.W., S.S, M.Hum.
2. Siti Muslifah, S.S., M.Hum..
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.