Penulis Utama : Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi
NIM / NIP : C0212052
×

ABSTRAK

 

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimanakah suntingan teks HPJM, dan (2) Bagaimanakah citra perempuan dalam teks HPJM? Tujuan penelitian ini adalah menyediakan suntingan teks HPJM. Selain itu, bertujuan pula untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam teks HPJM. Metode yang digunakan dalam penelitian berupa metode kualitatif. Sumber data berasal dari naskah HPJM berkode Miss 881 yang terdiri atas tiga teks, yakni Hikayat Darma Ta’siah, Hikayat Putri Jauhar Mahaligai, dan Sabilal al-Muhtadin li’taffaquh fi Amral Din. Naskah ini tersimpan di Houghton Library, Harvard University, Cambridge, MA02138, Amerika Serikat. Metode penyuntingan yang digunakan adalah metode landasan. Teknik yang digunakan dalam analisis data ialah pemecahan   masalah   menggunakan   suntingan   HPJM   dan   analisis   kajian representasi  feminisme  mengenai  citra  perempuan  dalam  HPJM.  Sementara teknik penarikan kesimpulan dilakukan secara deduktif dan induktif.
Kritik teks yang terdapat dalam Hikayat Putri Jauhar Mahaligai adalah terdapat kesalahan salin tulis dan ketidakkonsistenan yang terdiri atas 6 lakuna, 8 adisi,   18   substitusi,   dan   3   ketidakkonsistenan   penulis.   Representasi   nilai feminisme terhadap teks Hikayat Putri Jauhar Mahaligai menghasilkan tiga uraian. Pertama, mengidentifikasi beberapa tokoh perempuan yang terdapat dalam karya tersebut dengan mencari kedudukannya dalam masyarakat. Kedua, mengidentifikasi tokoh laki-laki yang memiliki keterkaitan dengan tokoh perempuan yang diamati. Ketiga, mengamati sikap pengarang dari nada dan suasana cerita yang dihadirkan dalam karya tersebut.

Kata kunci: Hikayat Putri Jauhar Mahaligai, teks, suntingan, representasi dan
Feminism

 

×
Penulis Utama : Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212052
Tahun : 2017
Judul : Hikayat Putri Jauhar Mahaligai Koleksi Houghton Library Harvard University: Suntingan Teks dan Kajian Representasi Nilai Feminisme
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi Sastra Indonesia - C0212052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nur Ashylatuz Zuhroh Al Mushi C0212052
2. Dr. Istadiyantha, M.S.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.