Penulis Utama : Deny Padmawati
NIM / NIP : C0213016
×

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini mencakup dua hal, yaitu: (1) bagaimana pemetaan konseptual ranah sumber terhadap ranah target ungkapan metaforis tentang cinta yang terdapat dalam artikel pada laman hipwee.com? dan (2) bagaimana hubungan konseptual antara ranah sumber dan ranah target ungkapan metaforis tentang cinta yang terdapat dalam artikel pada laman hipwee.com?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yaitu: (1) mendeskripsikan pemetaan konseptual ranah sumber terhadap ranah target ungkapan metaforis tentang cinta yang terdapat dalam artikel pada laman hipwee.com dan (2) mendeskripsikan hubungan konseptual antara ranah sumber dan ranah target ungkapan metaforis tentang cinta yang terdapat dalam artikel pada laman hipwee.com. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Zoltan Kövecses mengenai metafora konseptual.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber  data  penelitian  berupa  artikel  cinta  pada  laman  hipwee.com  bulan Februari 2017. Data penelitian berupa kalimat yang mengandung frasa atau klausa berupa   ungkapan   metaforis   tentang   cinta.   Metode   penyediaan   data   yang digunakan adalah metode simak dengan teknik bebas libat cakap dan teknik catat. Untuk menentukan hubungan konseptual antara ranah sumber dan ranah target digunakan daya pilah referensial, teknik lanjutan hubung banding menyamakan hal pokok atau teknik HBSP. Untuk menentukan ranah sumber digunakan metode padan referensial, teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP) dengan daya pilah referensial, dan teknik lanjutan HBSP. Teknik penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain:  (1)  pemetaan  konseptual  ranah  sumber  terhadap  ranah  target  meliputi CINTA ADALAH TUBUH MANUSIA, CINTA ADALAH KESEHATAN DAN PENYAKIT, CINTA ADALAH HEWAN, CINTA ADALAH TANAMAN, CINTA  ADALAH  BANGUNAN  DAN  KONSTRUKSI,  CINTA  ADALAH ALAT DAN MESIN, CINTA ADALAH OLAHRAGA DAN PERMAINAN, CINTA ADALAH UANG DAN TRANSAKSI EKONOMI, CINTA ADALAH MASAKAN DAN MAKANAN, CINTA ADALAH PANAS DAN DINGIN, CINTA ADALAH TERANG DAN GELAP, CINTA ADALAH GAYA, dan CINTA ADALAH GERAKAN DAN ARAH.   Dari hasil persentanse diketahui bahwa ungkapan metaforis tentang cinta dalam artikel pada laman hipwee.com didominasi oleh metafora CINTA ADALAH TANAMAN dan (2) hubungan konseptual antara ranah sumber dan ranah target meliputi: hubungan karena pengalaman yang dirasakan oleh tubuh, hubungan kesamaan sifat, hubungan kesamaan ciri, hubungan kesamaan kekuatan, dan hubungan kesamaan fungsi. Dari hasil persentanse diketahui bahwa ungkapan metaforis tentang cinta dalam artikel pada laman hipwee.com didominasi oleh hubungan kesamaan ciri.

 

×
Penulis Utama : Deny Padmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213016
Tahun : 2017
Judul : Ungkapan Metaforis Tentang Cinta dalam Artikel pada Laman Hipwee.Com
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi Sastra Indonesia - C0213016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.