Penulis Utama : Adhytiawan Suharto
NIM / NIP : C0511002
×

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pemikiran sosial-politik Haji Samanhudi-
,H.O.S Tjokroaminoto, dan Haji Misbach di tahun 1912-1919, yang berpengaruh pada  dinamika  pergerakan  di  Hindia  Belanda.  Pemikiran  dari  ketiga  tokoh tersebut  telah  melahirkan  simbol  perjuangan  Kaum  Muslimin  yaitu  dengan lahirnya Sarekat Islam (SI). Pemikiran mereka kemudian melahirkan bentuk modernisasi Kaum Bumiputera dengan mendirikan surat kabar seperti Sarotomo, Oetoesan Hindia, Medan Moeslimin,dan Islam Bergerak. Modernisasi dan intelektualitas kemudian semakin terlihat ketika H.O.S Tjokroaminoto dan Haji Samanhudi mendirikan Tentara Kanjeng Nabi Muhammad (TKNM), sedangkan Haji Misbach membentuk Sidhiq Amanah Tabligh Fathonah (SATV).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap Heuristik, tahap Kritik , tahap Interpretasi, dan tahap Historiografi. Sumber primer pada penelitan ini adalah dengan menggunakan surat kabar sezaman dan arsip statis. Selain itu dilengkapi pula dengan sumber-sumber sekunder yang didapatkan dari buku-buku referensi dan penelitian terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Adapun penelitian ini merupakan penelitian deksriptif analisis, data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisa dan disajikan dalam bentuk tulisan secara deksriptif.

Berdasarkan analisis data yang telah terkumpul, dapat disimpulkan bahwa pemikiran sosial-politik Haji Samanhudi, H.O.S Tjokroaminoto, Haji Misbach tahun 1912-1919 adalah mempersatukan Kaum Muslimin dan memajukan Kaum Bumiputera.   Dari   kesimpulan   tersebut,   maka   hasil   penelitian   ini   adalah menemukan titik temu pemikiran dari ketiga tokoh tersebut ketika membentuk surat kabar modern, mendirikan sekolah Calon Guru Agama Islam dengan SI Komite, dan menyebarkan dakwah Islam melalui TKNM dan SATV.

Kata Kunci: Sarekat Islam ,TKNM. SATV, Pergerakan

 

×
Penulis Utama : Adhytiawan Suharto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0511002
Tahun : 2017
Judul : Pemikiran Sosial-Politik Haji Samanhudi, H.O.S Tjokroaminoto dan Haji Misbach Tahun 1912-1919
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya, Prodi Sejarah - C0111010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Susanto,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.