Penulis Utama : Syarief Rohmat Ariadi
NIM / NIP : E0013264
×

ABSTRAK


Penulisan ini mendiskripsikan mengenai penegakan hukum terhadap bangunan gedung yang terbengkali. Dimana dalam hal ini telah diatur dalam Peraturan daerah nomor 8 tahun 2016 tentang bangunan gedung. sebagai mana telah diatur dalam Peraturan Daerah tersebut yang menyebutkan setiap penyelenggaran bangunan haruslah mencerminkan pembangunan gedung yang mencerminkan kemanfaatan, keselamatan, keseimbangan, serta keserasian bangunan gedung dengan lingkungannya. Sehingga dalam hal aspek pengawasan serta keamanan terhadap bangunan gedung terbengkali sangatlah penting. Kartena dalam hal ini pembangunan gedung tidak hanya bertujuan sebagaiman bentuk pembangunan kota, namun harus berlandaskan pada penyelenggaran bangunan yang baik. Sehingga tujuan dari pembangunan gedung dapat berjalan sesuai peraturan perundang-undangan dan berjalan dengan norma dan kaidaha dalam masyarakat.
Penelitian ini adalah penelitian hukum yang bersifat normatif  presriptif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi dokumen atau studi kepustakaan yang dianalisa menggunakan metode silogisme deduksi dan interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditinjau terhadap pelaksanaan Perturan Daerah nomor 8 tahun 2016, sehingga disimpulkan bagaimana pelaksanaan terhadap peraturan daerah tersebut. Sehingga mendapatkan landasan teori dengan mengkaji, mempelajari, dan memberi catatan terhadap buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen, laporan, arsip, dan hasil penelitian lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
Dari hasil penelitian yang didapatkan penegakan hukum terhadap bangunan gedung terbengkali belum berjalan secara maksimal. Karena dalam hal ini faktor pengawsan serta penegakan secara administratife hanya berlaku pada saat pembangunan itu berjalan. Terhadap bangunan gedung terbengkali dari aspek penyelenggaran bangunan gedung terkendala pada aspek pemanfatan dan pelaksanaanya.permasalahan lainya adalah pemilik gedung yang memiliki permasalahan terhadap dampak yang ditimbukan dalam masyarakat.
Kata Kunci: Bangunan Gedung, Penyelenggaran bangunan, Penegakan Hukum

 

×
Penulis Utama : Syarief Rohmat Ariadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013264
Tahun : 2017
Judul : Penegakan Hukum Bangunan Terbengkalai sesuai Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Bangunan Gedung Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013264-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo S.H.,M.Si
2. Wida Astuti, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.