Penulis Utama : Octha Nadia Budianty
NIM / NIP : E0013312
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di PT Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta beserta penyelesaian yang ditempuh untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara pada Penaksir PT Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta dan studi dokumen atau bahan pustaka.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan lelang barang jaminan gadai di PT Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta yaitu nasabah tidak teliti membaca perjanjian dalam Surat Bukti Kredit (SBK); perubahan data diri nasabah; nasabah tidak puas dengan harga taksiran lelang; nasabah tidak mau membayar kekurangan kewajiban setelah lelang; adanya gugatan dari pihak ketiga; dan adanya barang lelang yang tidak terjual. 2. Penyelesaian yang ditempuh oleh PT Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta yaitu segala kekhilafan beserta akibatnya yang berasal dari nasabah sendiri bukan menjadi tanggung jawab Pegadaian; Pegadaian mengirim SMS dan surat pada nasabah sebelum barang jaminan jatuh tempo; melakukan survey harga pasar setempat; menunda segala bentuk proses yang berkaitan dengan suatu barang jaminan bila terjadi gugatan pihak ketiga, serta Pegadaian telah memiliki mitra yang telah bekerjasama untuk membeli secara borongan Barang Jaminan Dalam Proses Lelang (BJDPL) yang tidak terjual saat lelang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, nasabah diharapkan membaca dengan teliti seluruh perjanjian dan beritikad baik dalam melaksanakan perjanjian. Kemudian PT Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta juga diharapkan memastikan kelengkapan dan kebenaran identitas nasabah dan menambah mitra pembeli borongan BJDPL.

Kata Kunci : gadai; lelang; itikad baik.

 

×
Penulis Utama : Octha Nadia Budianty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013312
Tahun : 2017
Judul : Kendala-Kendala Beserta Penyelesaiannya dalam Pelaksanaan Lelang Barang Jaminan Gadai Pada Pt Pegadaian (Persero) Cabang Cokronegaran Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi Ilmu Hukum- E0013312-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuwityastuti, S.H, M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.