Penulis Utama : Dyah Ayu Kartikawati
NIM / NIP : K8412023
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan fungsi Sekolah Islam berdasarkan sudut pandang para orang tua; dan (2) menjelaskan motivasi para orang tua menyekolahkan anak di Sekolah Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berasal dari observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Observasi dilaksanakan di TK, SD, SMP, dan SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus Surakarta dan Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Wawancara mendalam dilakukan dengan menggunakan dua metode, di antaranya wawancara individual dan Focus Group Discussion (FGD), dengan informan kunci yaitu orang tua murid beberapa sekolah Islam di Surakarta dan informan pendukung ialah pihak sekolah dan yayasan. Dokumen yang digunakan berupa data perkembangan sekolah di Surakarta dari Badan Pusat Statistik Kota Surakarta pada tahun 2016, hasil angket wawancara terbuka dengan beberapa orang tua murid sekolah berlabel Islam, dan foto-foto yang diambil selama proses penelitian. Teknik pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian adalah (1) Sekolah Islam memiliki fungsi yang berbeda-beda bagi setiap orang tua. Bagi sebagian orang tua, Sekolah Islam berfungsi sebagai Institusi Pendidikan Terpadu karena sekolah-sekolah sejenis menawarkan kurikulum terpadu yang menggabungkan antara kurikulum pendidikan umum dengan pendidikan agama. Sedangkan bagi sebagian orang tua lainnya, Sekolah Islam berfungsi sebagai tempat penitipan anak akibat dari adanya sistem fullday school. (2) Pemilihan orang tua terhadap sekolah Islam tergolong sebagai tindakan rasional nilai. Ketertarikan orang tua terhadap sekolah-sekolah sejenis didasari oleh nilai-nilai religius, nilai etis, dan nilai estetis. Motivasi beberapa orang tua menyekolahkan anak di sekolah Islam didasari oleh nilai religius dan nilai etis, yang dimana nilai-nilai tersebut tidak akan diperoleh apabila anak diasuh atau dititipkan kepada babysitter. Kemudian, beberapa orang tua lainnya memilih Sekolah Islam sebagai tempat anak menuntut ilmu didasari oleh nilai-nilai religius karena masih banyak pula orang tua yang pengetahuan agamanya masih dangkal. Oleh karena itu, mereka lebih mempercayakan anak-anaknya kepada Sekolah Islam untuk memperoleh ilmu yang tidak dapat diberikan oleh orang tua mereka, khususnya ilmu agama. Sementara itu, ada pula yang menyekolahkan anak di Sekolah Islam berdasarkan atas nilai estetis, yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Hal ini dikarenakan lingkungan tempat tinggal ataupun keluarga mereka didominasi oleh anak-anak yang bersekolah di Sekolah-sekolah Islam, sehingga mereka merasa tertarik untuk mengikuti kerabat ataupun tetangga dalam memilih Sekolah Islam.

Kata kunci: ranah pendidikan, fungsi, motivasi, tindakan sosial

×
Penulis Utama : Dyah Ayu Kartikawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412023
Tahun : 2016
Judul : Motivasi orang tua dalam pemilihan sekolah islam Di surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP- Prodi Pendidikan Sosiologi Antropologi- K8412023- 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum
2. Atik Catur Budiati, S.Sos, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.