Penulis Utama : Rahmawati Deseamini
NIM / NIP : D0415043
×

ABSTRAK

Didorong oleh kepentingannya Singapura menjadi negara dengan teknologi yang maju serta mampu memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan konektivitas dan memajukan ekonomi dan bidang lainnya. Namun meningkatnya konektivitas dunia maya juga diikuti dengan meningkatnya resiko ancaman dunia maya. Oleh karena itu Singapura mengangkat urgensi dari keamanan dunia maya ke dalam berbagai level dan salah satunya adalah ke regional dimana Singapura sebagai negara anggota ASEAN bisa bekerjasama dengan negara anggota ASEAN lainnya. Salah satu upaya Singapura dalam menjaga keamanan dunia maya adalah dengan membentuk strategi keamanan dunia maya. Penelitian ini akan fokus pada strategi kerjasama internasional Singapura dengan negara dan organisasi partnernya. ASEAN merupakan salah satu partner penting bagi Singapura dalam menjaga keamanan dunia maya dan dalam pendekatannya dengan ASEAN Singapura mengangkat diskusi cyber norms dari UN GGE sebagai salah satu wujud kerjasamanya. Namun bagaimana penerapan cyber norms UN GGE dalam strategi keamanan dunia maya Singapura sebagai negara anggota ASEAN? 

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan cyber norms UN GGE dalam strategi keamanan dunia maya bagi Singapura dapat berguna sebagai bagian strategi deterens dunia maya. Analisa penelitian ini akan menunjukkan bahwa fungsi cyber norms sebagai strategi deterens dunia maya menjadi alasan yang mendukung digunakannya cyber norms UN GGE sebagai bagian strategi keamanan dunia maya bagi Singapura. Penelitian ini akan menggunakan konsep strategi deterens dari Joseph S. Nye Jr sebagai kerangka konseptual yang menjelaskan fungsi dari cyber norms UN GGE sebagai strategi deterens dunia maya. Analisa penelitian dapat menunjukkan trend dalam isu keamanan dunia, tantangan di ASEAN, dan alasan mengapa norma tetap dipertahankan sebagai strategi keamanan dunia maya. Analisa penelitian ini didasarkan pada metode deskriptif kualitatif.

Kata Kunci:  ASEAN, Cyber Norms UN GGE, Keamanan Dunia Maya, Singapura, Strategi Deterens Dunia Maya

×
Penulis Utama : Rahmawati Deseamini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0415043
Tahun : 2019
Judul : Analisis Penerapan Cyber Norms United Nations Group of Governmental Experts (Un Gge) dalam Strategi Keamanan Dunia Maya Singapura sebagai Negara Anggota Asean
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Hubungan Internasional-D0415043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, SE, S.Ikom., M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.