Penulis Utama : Fransisko Xaverio Wisnu Murdani
NIM / NIP : I0113049
×

ABSTRAK

Tanah berbutir halus merupakan tanah yang mempunyai daya dukung tanah rendah apabila memiliki indeks plastisitas yang tinggi. Salah satu solusi memperbaiki tanah bermasalah yaitu stabilisasi tanah. Metode yang digunakan adalah tanah dicampurkan dengan salah satu bahan tambah yang dapat digunakan yang mudah diperoleh dan relatif murah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan abu ampas tebu dan bubuk cangkang telur terhadap sifat fisik dan sifat mekanik tanah.
Stabilisasi tanah pada penelitian ini dilakukan dengan penambahan abu ampas tebu (AAT) dan bubuk cangkang telur (BCT). Sampel tanah merupakan tanah berbutir halus yang terdapat di Ngawi, Jawa Timur dengan kondisi air yang dikontrol yaitu pada Liquidity Index (LI) 1 dan 1,25. Variasi campuran abu ampas tebu dan bubuk cangkang telur sebanyak 0%, 5%, 10%, 15%, 20?ri berat kering sampel tanah dengan pemeraman selama tiga hari. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji Index properties (IP), uji Unconfined Compressive Strength (UCS), dan uji Scanning Electron Microscopy (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang cukup besar dari bahan tambah terhadap sampel tanah. Indeks plastisitas tanah menurun dari 67,28% menjadi 27,07% pada penambahan abu ampas tebu 10% dan 22,48% pada penambahan bubuk cangkang telur 10%. Penambahan abu ampas tebu dan bubuk cangkang telur membuat nilai kuat tekan bebas naik sebesar 45,56 kN/m2 pada penambahan abu ampas tebu 10% dan 10,72 kN/m2 untuk penambahan bubuk cangkang telur 10% pada LI = 1. Pada LI = 1,25 nilai UCS naik 7,29 kN/m2 untuk penambahan abu ampas tebu 5% dan 1,86 kN/m2 untuk penambahan bubuk cangkang telur 10%. Penelitian ini terbukti bahwa penambahan abu ampas tebu dan bubuk cangkang telur dapat meningkatkan kekuatan tekan pada tanah berbutir halus.
Kata kunci: abu ampas tebu, bubuk cangkang telur, tanah berbutir halus, UCS, SEM, LI

 

×
Penulis Utama : Fransisko Xaverio Wisnu Murdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113049
Tahun : 2018
Judul : Kuat Tekan Bebas Tanah Campuran Bubuk Cangkang Telur dan Abu Ampas Tebu pada Liquidity Index (Li) 1 dan 1,25 Unconfined Compression Strength Soil Mixed Egg Shell Powder and Bagasse Ash at Liquidity Index (LI) 1 and 1,25
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113049-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari, S.T., M.T.
2. Yusep Muslih Purwana, S.T., M.T., P.hD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.