Penulis Utama : Siwi Kusumastuti
NIM / NIP : K7615052
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh literasi ekonomi, gaya hidup, dan kebudayaan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (2) pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (3) pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (4) pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek  penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2015-2018 yang berjumlah 299 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan  proportionate stratified random sampling yang berjumlah 172 mahasiswa. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan rumus Korelasi Product Moment Pearson dan Cronbach Alpha. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara literasi ekonomi, gaya hidup, dan kebudayaan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (2) terdapat pengaruh yang negatif antara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya hidup terhadap perilaku konsumtif Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebudayaan terhadap perilaku konsumtif Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata kunci : literasi ekonomi, gaya hidup, kebudayaan, perilaku konsumti

×
Penulis Utama : Siwi Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615052
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, dan Kebudayaan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Ekonomi-K7615052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si,
2. Salman Alfarisy Totalia, S.Pd, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.